PENGEMBANGAN PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE PADA SMK NEGERI 1 RAO SELATAN

Nur Anisa, Irsyadunas Irsyadunas, Sofia Edriati

Abstract


Masalah yang dialami guru dan siswa dimana kegiatan pembelajaran dilakukan secara online (dalam jaringan) guru kesulitan dalam menyampaikan materi secara maksimal, guru kesulitan dalam memberikan kuis dan memberikan materi tambahan untuk melihat kemampuan belajar siswa. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru dan siswa mengalami kesulitan dalam mengumpulkan tugas karena tidak ada tempat khusus untuk mengumpulkan tugas. Metode yang dipakai  dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan (R&D),  metode di pakai untuk menciptkan sebuah produk serta menguji keaktifan produk adalah mrtode prnrlitian dan pengembangan (R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat relevansi sistem manajemen pembelajaran platform (LMS) yang efektif dan untuk mengetahui tingkat kepraktisan sistem manajemen pembelajaran platform (LMS). Metodologi Penggunaan penelitian dan pengembangan (R&D). Platform sistem manajemen pembelajaran (LMS) berbasis Moodle valid yaitu validasi materi 0,709% dan validasi media 0,780% dan praktik yaitu kepraktisan guru 94,79% dan kepraktisan siswa 85,7%.

Keywords


Moodle, LMS.

Full Text:

PDF

References


Anggriawan, F. S. (2009). Pengembangan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, ellis.

Aan Subhan Pamungkas, Yuyu Yuhana & Ihsanudin.(2020). Trend Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol.3. Hal. 224-230.

Firman Hasugian & Leonardi Paris Anggriawan. (2017). PLATFORM BUILD-ME : Mempertemukan Stakeholder Bangunan Dengan Konsumen BUILD-ME PLATFORM :Meeting The Building Stakeholders With The Consumers. Hal.28–36.

Goldman, Ian. and Pabari, M. (2021). Pengembangan Platform Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Materi Lingkaran Untuk Siswa Kela Viii Smp Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Universitas Sanata Dharma.

I.Irsyadunas. (2018). Kontribusi Pemanfaatan Aplikasi Learning Management System Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pemrograman Web (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Itp). Jurnal Edik Informatika. Vol.4. Hal. 1-17.

Ilmiawan, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). JISIP, 2(3), 102–106.

Matilda Ujulawa. (2017). Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI. Vol.16(1). Hal. 61–69.

Nazarian, W. & H. M. (2020). Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Implementasi E-learning pada Mata Pelajaran Kelistrikan Bodi SMK N 8 Padang Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.

Putra, G. T. S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja.JANAPAT. Vol:1. Hal.125–141.

Purnama, S. (2013). Produk Pembelajaran Bahasa Arab Sigit Purnama. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI. Vol:1. Hal.19–32.

Randy Irawan & Herman Dwi Surjono. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Peningkatkan Pemahaman Lagu Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 5. Hal.1–11.

Syaakir Ni’am. (2013). Pengembangan Aplikasi Learning Management System (Lms) Pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smp It) Harapan Bunda Semarang. Journal Of Informatics And Technology.Vol 2. No 1. Hal.11-32.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.17-23

Article Metrics

Abstract view : 910 times
PDF - 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.