PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA SANTRI USIA TAMYIZ DI MAJLIS AL-KHOERIYAH BEKASI

Syarifatul Mar'ah, Akil Akil, Jaenal Abidin

Abstract


Al-Qur’an adalah wahyu yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman umat manusia yang beragama muslim untuk menjalani kehidupan dunia yang bersifat sementara dan mencari bekal kelak di akhirat nanti. Malaikat Jibril yang ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyunya kepada Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui bagaimana metode, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran bagi anak usia tamyiz yang dilakukan di Majlis Al-Khoeriyah Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kualitatif atau mendeskripsikan data-data yang disajikan dalam sebuah bentuk narasi. Dengan teknik pengumpulan data, berupa observasi atau mengamati proses kegiatan pembelajaran Al-Qur’an dan wawancara digunakan dalam penelitian ini guna memperoleh data-data yang bersumber dari narasumber dan dokumentasi guna memperoleh hasil dari pembelajaran Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasannya penggunaan metode pembelajaran pada usia tamyiz berjalan efektif, akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian metode pembelajaran al-qur’an, serta solusi dala mengatasi permasalahan.


Keywords


Metode, Pembacaan Al-qur’an, Usia Tamyiz

Full Text:

PDF

References


Dr. Nurul Hikmah MA, CH. CHT. NNLP, (2022), Kurikulum Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tangerang Selatan; Bait Qur'any Multimedia

Dr. Nurul Hikmah MA, CH. CHT. NNLP, (2022), Strategi Pengembangan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini dalam Islam. Tangerang Selatan; Bait Qur'any Multimedia

Kurnaedi, A.Y. (2010). Metode Asy-Syafi’i Cara Praktis Baca Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Sarbini, M. (2014). Pendidikan Robbani di Masa Rasulullah. Bogor: Marwah Indo Media.

Sugiyono. (2015). Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.597-601

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.