PEMANFAATAN PERMAINAN KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DI TKIT MTA KARAWANG

Purwaningsih Purwaningsih, Astuti Darmiyanti, Feronica Eka Putri

Abstract


Pembelajaran memiliki metode dan media yang digunakan untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui kemampuan keaksaraan pada Peserta didik menggunakan kartu kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengelolaan data melalui analisis dengan teori miles dan huberman yaitu penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Metode kualitatif ini menarasikan dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi dilapangan untuk dituangkan dalam penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwasannya adanya peningkatan dalam menstimulus kemampuan keaksaraan Peserta didik dengan menggunakan kartu kata. Dalam penggunaan kartu kata ini guru mempersiapkan dengan semaksimal mungkin agar tercipta pembelajaran yang efektif sehingga dapat mencapai hasil pembelajaran yang optimal.


Keywords


Permainan Kartu, Meningkatkan, Keaksaraan

Full Text:

PDF

References


Hasan, Maimunah. (2013) Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Prof. Dr. Sugiono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta

Ulfa, Mariya. (2021) “Efforts to Improve Beginning Reading Capabilities Through the Letters Card Group Children In Group B TK PKK Bucor Kulon Pakuniran”. Jurnal Ilmiah Nizamia, Vol. 3, No. 4

WS, Nita Nurcahyani, Elizabeth Prima dan Putu Indah Lestari. (2016) “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Astiti Dharma”. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, Vol. 1, No. 1.

Yanti Nurmala, Ine Nirmala dan Feronica Eka Putri. (2021) “Peningkatan Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok B Melalui Media Giant Card Di Paud Nurrohmah”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.1-6

Article Metrics

Abstract view : 630 times
PDF - 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.