PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA MATERI SKETSA DAN ILUSTRASI KELAS XI DI SMKN 1 TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM
Abstract
Pada mata pelajaran Desain grafis percetakan ini guru menyampaikan materi dengan menampilkan power point dengan LCD proyektor serta memberikan buku paket sebagai sumber bagi siswa dalam belajar, siswa menjadi kurang aktif dan kurang paham dalam proses pembelajaran dikarenakan buku paket yang diberikan tidak cukup untuk seluruh siswa, hal ini terlihat saat proses pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata uji validitas ahli media sebesar 0,703 dengan kategori valid dan ahli materi sebesar 1,312 dengan kategori valid, untuk uji praktikalitas terhadap respon guru mencapai 93,22%%.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, N., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 83. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i9.713
agustini sri, amin dara bunga, & Ahmad, Y. ahmad. (2021). Pengembangan E -Modul Interaktif berbasis Problem Solving pada Pembelajaran Fisika. 1–4.
Dewi Ceryna Kadek Ni, Anandita Gede Bagus Ida, Atmaja Jaya Ketut, A. W. P. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.291
Fitri Anisa, Netriwati, A. S. (2021). Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.
husnulwati sri , sardana layang, suryati. (2019). Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(3), 252. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Irsyadunas, Marry thomson, Maizeli Annika, L. roza. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Sintak Model Pembelajaran Abad 21 Berbasis Mobile. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 8(1), 46–59. https://doi.org/10.22202/jrfes.2021.v8i1.4845
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lajiba, S. B. S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Ctl (Contextual Teaching and Learning) Terintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Himpunan. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–16.
Merlinda, A., & Yuhanna Linda Wachidatul, P. N. C. (2019). Penyusunan Modul Anatomi Dan Histologi Hewan Berbasis Hasil Penelitian. Prosiding Seminar …, September, 29–35. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/635
Mulyono heri, Irsyadunas, R. arif. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada SMK N 1 Tanjung Baru. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran
Informatika), 6(1), 149–154. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1921
nurjanah apriliana , izzati nur, fera mirta. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Menggunakan Sigil Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. VOL 3, 752–761.
Nurmayanti Fitri, Bakri Fauzi, B. E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. June.
Permadi, U. N., & Huda, A. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Smk. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 30. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378
Riri, S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156–173. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1466
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019
Santoso Monica Jeannefer, I. R. A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Jurnal Dan Absensi Pada Study Center Di Wilayah Cengkareng Barat Berbasis Android. EJournal Mahasiswa Akademi Telkom Jakarta (EMIT), 2(1), 50–56. http://ejournal.akademitelkom.ac.id/emit/index.php/eMit/article/view/39/26
Sitti, S. S. F. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALVABETA.
Wahyudi, D. (2019). Pengembangan e-modul dalam pembelajaran matematika SMA berbasis android (development of e-modules in learning math high school android based). Gauss: Jurnal Pendidikan Matemaika, 02(02), 1–10. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1739 dan Dosen.
Siregar, Yani Sukriah, et al. "Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2022): 69-75.
Siregar, Yani Sukriah, et al. "Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2022): 69-75.
Siregar, Yani Sukriah, Rajab Ansori, and Lanni Kholilah. "PERAN KOLABORASI (PARTNERSHIP) GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI AKUNTANSI DI KELAS X. AKT. 1 SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN AJARAN 2021-2022." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9.4 (2022): 1505-1510.
Ansari, Rajab, et al. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI PADA KELAS VII SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 315-318.
Siregar, Yani Sukriah, Riski Baroroh, and Camelia Sipahutar. "PERANAN GURU DALAM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MATERI POKOK UANG DAN PERBANKAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 60-68.
Harahap, Andes Fuady Dharma, and Yani Sukriah Siregar. "Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Bidang Studi IPS Terpadu Materi Pokok Pengelompokan Sumber Daya Alam Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Sibabangun Tahun Pelajaran 2018-2019." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 6.2 (2019): 227-232.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.602-614
Article Metrics
Abstract view : 1141 timesPDF - 352 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.