PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZ PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII C SMPN 7 KARAWANG BARAT

Bagus Kamajaya, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo

Abstract


Seiring berkembangnya era pembelajaran, metode juga perlu dikembangkan lebih lanjut. Jangan hanya fokus pada satu metode pembelajaran. Dengan mengubah cara kita belajar, kegiatan belajar mengajar menjadi tidak monoton dan materi yang disampaikan kepada siswa kita menjadi lebih optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah guru Kelas VIII C SMPN 7 Karawang Barat dan tiga siswa. Analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berikut adalah hasil penelitian ini: Ada dua cara untuk mengakses Quizizz. Yang pertama untuk pengurus (guru) dan yang kedua untuk peserta (siswa). Khususnya administrator (guru) yang wajib mendapatkan akun Quizizz-nya sebelum mengikuti kuis. Seorang administrator (guru) dapat mengakses Quizizz di quizizz.com dan seorang peserta (siswa) dapat mengakses Quizizz di join.quizizz.com. Baik administrator (guru) dan peserta (siswa) dapat mendaftar Quizizz melalui email. Ada juga beberapa faktor pendukung dan penghambat. Fakta bahwa siswa saat ini rata-rata sudah memiliki ponsel mendukung untuk memastikan siswa tidak gagap tentang teknologi dan dapat berpartisipasi dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran kuis ini. , disinsentifnya adalah mahasiswa baru menggunakan media pembelajaran ini dengan cara yang awalnya membuat mereka merasa acuh tak acuh dan karenanya tidak dapat dipahami.


Keywords


Media Pembelajaran ; Media Quizizz ; Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25),.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover

Dr. Yusniastuti, S.H, M. P., Miftakhuddin, S.Pd., M. P., & muhammad khoirun, S. P. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April).

Haryati, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Ipa Kelas V Min 1 Kota Surabaya.

Hasnunidah, N. (2017). Metodoologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi,.

Jaelani, A. (2022). Pembelajaran PAI Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah..

Kamal, S. (2021). Kebangsaan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Ix Di Smp Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. .

Pito, abdul haris. (2021). Konsep Media Pembelajaran Dalam Perspektif Alquran. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i2.228

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.555-562

Article Metrics

Abstract view : 689 times
PDF - 506 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.