PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT
Abstract
Pentingnya mengenyam pendidikan dalam konteks keluarga dalam membina tumbuh kembang anak menjadi manusia yang layak serta berkontribusi positif bagi masyarakat. Anak-anak mungkin tidak dapat mencapai potensi penuh mereka jika mereka tumbuh dalam keluarga yang disfungsional ataupun di mana ada ketidakharmonisan di rumah. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui Tujuan Pendidikan Agama : (1) berkembangnya kepribadian yang utuh, baik jasmani maupun rohani, yang terlihat dalam pikiran dan tindakan terhadap orang lain, alam, dan Tuhan, (2) memiliki potensi untuk menghasilkan manusia yang tidak hanya berharga untuk dirinya sendiri, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat serta lingkungan, dan mampu memanfaatkan manfaat sebesar-besarnya terhadap alam semesta guna kemaslahatan hidup di dunia serta akhirat, (3) selakusumber penggerak serta pembangkit bagi perilaku serta tindakan yang baik serta juga yakni pengontrol dalam menunjukkan perilaku serta tindakan manusia. Oleh sebabitu, pengembangan akhlak perlu dibina oleh pengetahuan Islam secara umum dan aqidah. Akibatnya, diperlukan fungsi pendidikan agama Islam dalam konteks keluarga sertamasyarakat luas.
Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Masyarakat
Full Text:
PDFReferences
Amirudin, A., & Muzaki, I. (2019). Rendering Learning Approach With Islamic Religious Education Subjects and Students Accounting XI Relationship with Management and Business. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289728
Amirudin, & Muzaki, I. A. (2021). DEMONSTRATION OF EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTATION METHOD OF STUDENT LEARNING PRAYERS, 10(1), 111–120. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i1.7816
Amirudin, Nurlaeli, A., Muzaki, I. A., & Karawang, U. S. (2020). Pengaruh Metode Reward and Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur ’ an Al-Jabar Karawang ), 7(2), 140–149. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.26102
Dewi, E., Fajrin, P., & Muzaki, I. A. (2022). Studi Pengembangan Kognitif Anak melalui Media Visual Smart Hafiz Al-Qolam, 6, 10303–10309.
Rianti, S. S., Muzaki, I. A., & Karawang, U. S. (2022). Bimbingan Konseling Dalam Perspektif Pendidikan Islam, 14(1), 143–158. https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10313
Buna’i. 2021. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: CV Jakad Media
Fourgoniah, Finnah. Muhamad Fkry Aransyah. 2020. Kegagalan dan keberhasilan dalam kewiraushaan. Klaten: Lakeisha
Maulana, Heri D.J. Promosi Kesehatan. 2009. Jakarta: EGC
Nawafil, Moh. 2018. Cornerstone of education. Yogyakarta: CV Absolute Media
Neolaka, Amos. Grace Amialia A, Neolaka. 2017. Landasan pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Depok: Kencana
Putra, Pristian Hadi. 2022. Pengembangan bahan ajar pendidikan agama islam berbasis kearifan lokal. Indramayu: CV Adanu Abi mata
Restian, Husamah, Arina. 2019. Pengantar Pendidikan. Malang: UMM Press
Suroso, Sayid Habiburrahman. 2022. Materi Pendidikan Agama Islam. Palu: CV Feniks Muda Sejahtera
Triyono, Urip. Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utami
Wulandari, Yosi. 2021. Praktek Gerakan Sekolah Menyeangkan. Yogyakarta: UAD Press
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.513-520
Article Metrics
Abstract view : 444 timesPDF - 1487 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.