METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD PRATAMA

Rohmat Tulloh, Ahmad Junaedi Sitika, Debibik Nabilatul Fauziah

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan melalui didikan, tuntunan, dan pengetahuan untuk dapat menciptakan perubahan positif pada setiap individu. Pembelajaran memiliki metode yang perlu di terapkan sesuai dengan materi yang dipelajari. Terdapat hasil dari pembelajaran yang menjadi hasil akhir dari kegiatan pembelajaran. Rendahnya prestasi siswa memiliki faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut yaitu penggunaan metode dalam pembelajaran yang tidak sesuai sehingga hasil dari pembelajaran yang dilakukan tidak dapat optimal. Penelitian ini beetujuan untuk dapat mengetahui pengaruh dari penggunaan metode mind map dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif, penelitian yang menyajikan data secara deskriftif dengan cara melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan.


Keywords


Pembelajaran Mind maping, Prestasi Belajar, SD Pratama

Full Text:

PDF

References


Annisa, dkk. Metode Mind mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Journal of Drug Issues. (2012)

Edward, C. Mind mapping untuk anak sehat dan cerdas. Sakti: Yogyakarta. (2009)

Purwasari, Yosi. Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Kenampakkan Permukaan Bumi dan Benda Langit melalui Peta Pikiran pada Anak Kesulitan Belajar Kelas IV SD 13 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jounal of Drug Issue. (2013)

Widianti, Sri. Keefektifan Model Mind mapping terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Drug Issues. (2014)

Windura, Sutanto. MIND MAP Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. (2008)

Prof. Dr. Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta. (2011)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.508-512

Article Metrics

Abstract view : 387 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.