PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 5 KARAWANG

Muhamad Rizki, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah (1) mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di SMP Negeri 5 Karawang. (2) SMP Negeri 5 Karawang Mendeskripsikan keterbatasan peran kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. (3) Menjelaskan keputusan Direktur Pembinaan Guru di SMP Negeri 5 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif bersamaan dengan metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami fenomena peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru SMP Negeri 5 Karawang dalam kondisi yang kondusif. Dengan kata lain, ini mengekstrak konsep dan wawasan yang dipertimbangkan dari format data yang ada yang mengarah pada kesimpulan atau hasil akhir. Kegiatan ini dimulai dengan pengumpulan data empiris, pengolahan data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) peran manajemen dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja; Sebagai manajer, kami memberi Anda strategi yang tepat untuk memperluas tenaga kerja Anda. Sebagai manajer, ia terlibat erat dalam berbagai kegiatan administrasi untuk menangkap, merancang, dan mendokumentasikan semua program sekolah. Melalui observasi, Anda mempelajari kekuatan dan kelemahan pendidikan guru. Sebagai seorang pemimpin, Anda bertanggung jawab untuk memobilisasi semua sumber daya sekolah. (1) Sebagai seorang inovator, Anda harus memiliki strategi untuk mengembangkan model pendidikan yang inovatif. (2) Hambatan pengembangan profesional guru manajemen sekolah, yaitu: kurangnya pengetahuan TIK sebagai bagian dari pengembangan profesional staf sekolah. Kebanyakan non-guru kreatif dalam rencana pelajaran mereka. (3) Keputusan penting tentang pengembangan profesional fakultas: yaitu, direktur mengundang guru untuk mengambil kursus ilmu komputer dan membentuk kelompok kerja untuk guru teknologi informasi dan komunikasi. Non kepala sekolah memandu pedagogi RPP dan memberikan contoh RPP yang baik sesuai dengan kemampuan guru.


Keywords


Peran kepala sekolah, pengembangan kompetensi profesional guru

Full Text:

PDF

References


E, M. (2009). Menjadi Kepala Sekola Profesional. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Y. (2009). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Universitas Bengkulu.

Rosyid, M. H. (2017). Kepemimpinan Profetik Umar Bin Abdul Khattab dan Umar Bin Abdul Aziz.

Syaiful, S. (2007). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Usman, M. U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.

Wahyudi. (2012). Kepempinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.500-507

Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.