PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PANDANGAN ISLAM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter menurut kacamata Islam. Terdapat beragam keunikan yang menjadikan pendidikan karakter menurut perspektif islm berbeda dengan konsep barat. Hal-hal yang membedakan tersebut terlihat dari adanya penegasan untuk menjalankan pedoman-pedoman agama, aturan dan hukum yang menguatkan karakter, persepsi yang berbeda mengenai realitas, ketidaksetujuan akan teori moralitas otonom dari Imanuel Kant, serta memfokuskan tujuan utama seseorang adalah balasan di hari kiamat untuk mendorong seseorang bertindak sesuai moral. Pendidikan karakter dalam hakikatnya adalah perjalanan nilai-nilai hidup yang bertransformasi dan berkembang sempurna dalam diri seseorang yang kemudian melekat dn tercermin dalam perbuatan orang itu. Dasar pembentukan karakter itu adalah nilai baik atau buruk. Dalam pandangan Islam, pendidikan karakter sudah lama diterapkan semenjak Islam pertama kali dibawa di dunia bersamaan saat diangkatnya Nabi Muhammad SAW sebagai rasulullah untuk membenahi atau dalam istilah qur’an menyempurnakan akhlak (karakter) manusia. Adapun karakter utama Nabi Muhammad SAW yang terkenal luas dan patut untuk dijadikan teladan antara lain Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah.
Kata Kunci: Pendidikan, Pendidikan Karakter, Islam
Full Text:
PDFReferences
Adu, L. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Biology Science & Education, 3.
Damanhuri. (2010). Akhlak Tasawuf. Yayasan PeNA.
Daradjat, Z. (2018). ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Bumi Aksara.
Fathurrohman, M. (2015). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Kalimedia.
Johansyah. (2011). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM. Islam Futura, XI.
Muawwanah, S., & Darmiyanti, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 909–916. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2007
Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, I.
Nurlatifah, L., Darmiyanti, A., & Siti Aisyah, D. (2020). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKATER ISLAMI DALAM MEWUJUDKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SDIT TAHFIZH QUR’AN AL - JABAR TELUKJAMBE BARAT KARAWANG. Jurnal Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8.
Nurzaman, D. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMKN 2 KARAWANG. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Qomariah, N. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ramayulis. (2018). ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Kalam Mulia.
Riza, M. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. As-Salam, 1.
Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. El-Hikmah, IX.
Samani Muchlas, H. (2017). Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Sutarjo, & Taufik, M. (2022). Penyuluhan Peran KeluargaDalam Penguatan Karakter ReligiusMelalui Kegiatan Pengajian di Majelis Ta’limAr-Rahmah PasawahanKabupaten Purwakarta. SATWIKA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2.
Taufik, M. (2020). STRATEGIC ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION IN THE ERA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0. Islam Futura, 20.
Witarsa, R. R. (2021). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. YRAMA WIDYA.
Zaini, N. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Cendekia, 6.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.491-499
Article Metrics
Abstract view : 1266 timesPDF - 517 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.