PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SOSIAL SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NIHAYATUL AMAL KARAWANG

Syifa Wihardi, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo

Abstract


Pembelajarab memiliki unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Setiap pembelajaran memiliki tujuan yang perlu di capai melalui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru. Dalam pembelajaran perlu memilih dan menganalisis metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan di sampaikan. Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Nihayatul Amal Karawang ini bertujuan untuk dapat meningkatkan sikap sosial siswa melalui interaksinya dengan teman nya. Sebagai tujuan dari pembelajaran ini ialah untuk dapat membuat proses pembelajaran lebih efektif dan meningkatkan sikap sosial yang tinggi melalui metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga data yang disajikan merupakan bentuk narasi, dengab pengunpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan teori dari miels and huberman yaitu penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dengan pembelajaran menggunakan metode diskusi yang dapat meningkatkan sikap sosial pada siswa di SMP Nihayatul Amal.


Keywords


Pembelajaran PAI, Metode Diskusi, Sosial

Full Text:

PDF

References


Djamaluddin Ancok, (1995), Psikologi Islam, Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, syaifudin bahri, and aswan zain. (2002), Strategi belajar mengajar. 2nd ed. Jakarta: Reneka Cipta.

Firman, Arham Junaidi. (2017). “Paradigma Hasan Langgulung tentang Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam”, dalam UHAMKA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2.

Maunah, binti. (2009), Metodologi pengajaran agama Islam. Yogyakarta: Sukses Offset.

Prayitno, Irwan. (2010). Anakku Penyejuk Hatiku. Bekasi : Pustaka Tarbiatuna

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Yusuf, Syamsu. (2008). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Zaini, hisyam, bermawy, and sekar ayu aryani. (2007). Strategi pembelajaran. Iv. Yogyakarta: ctsd.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.465-470

Article Metrics

Abstract view : 545 times
PDF - 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.