PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI

Ramdan Darmawan, Ajat Rukajat, Khalid Ramadhani

Abstract


Fenomena kenakalan remaja di Indonesia saat ini memberikan bukti bahwa Indonesia sedang mengalami penurunan moral. Banyaknya kasus yang sering terjadi, seperti tindak criminal, penyimpangan, bullying, pergaulan bebas, tawuran antar pelajar, hingga penyalahgunaan obat-obat terlarang, merupakan sebuah bukti nyata yang sering terjadi didalam kehidupan masyarakat. Salah satu dampak perkembangan zaman adalah dapat mempermudah mendapatkan informasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Anak akan mudah terjerumus ke hal-hal negatif jika tidak mampu membedakan informasi yang baik dan buruk.. Hal itu yang menjadikan perubahan anak dalam bermoral dan berkarakter. Dalam hal ini, pembentukan karakter seharusnya dimulai sejak anak usia dini, karena pendidikan anak usia dini merupakan suatu investasi bangsa yang sangat penting dalam menciptakan generasi bangsa yang ber-karakter. Tujuan dari penanaman pendidikan karakter pada usia dini adalah menciptakan generasi bangsa yang berkarakter, berbudi luhur, cerdas, sopan santun, mandiri, kreatif, bertanggung jawab, menghargai perbedaan serta mempunyai rasa yang tinggi terhadap nasionalisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui betapa pentingnya menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-diskriptif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwasanya penanaman pendidikan karakter pada usia dini sangat berpengaruh dalam menciptakan generasi bangsa yang berkarakter.

Keywords


Penanaman, Karakter, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-1. CV. syakir Media Press.

Aisyah. 2018.Pendidikan Karakter: Konsep Dan Impelemtasinya. Cetakan Ke.1 Jakarta: KENCANA.

La Hadisi. 2015. “PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI.” Jurnal Al-Tadib.

Haris, Abdul. 2017. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Jurnal Pendidikan Islam.

Hidaya, Nurman, and Yasipin Aisna. 2020. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa : Literature Review.” Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak. doi: 10.29300/hawapsga.v2i1.2793.

Khaironi, Mulianah. 2017. “PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI.” Golden Age Universitas Hamzanwadi.

Kurniawan, Asep. 2018. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN. Cet. 1. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Megawangi, ratna. 2015. PENDIDIKAN KARAKTER Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Cetakan Ke-4. Depok: INDONESIA HERITAGE FOUNDATION.

Mulyasa. 2018. MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER. Cetakan Ke-6. Jakarta: PT. BUMI AKSARA.

MUSTOIP, dKK. 2018. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Prasanti, Ditha. 2018. “PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA PEREMPUAN DALAM PENCARIAN INFORMASI KESEHATAN.” Lotar..

Ruhyana, Rahmat. 2021. PENDIDIKAN KARAKTER Konsep Dan Implementasinya. Cetakan ke-1. Bandung: YRAMA WIDYA.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2017. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Cetakan ke-6. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shofa, M. Nailash. 2017. “PENANAMAN PENDIDIKANKARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI.” Thufula.

Sudaryanti. 2012. “Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.453-464

Article Metrics

Abstract view : 641 times
PDF - 766 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.