UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MAJLIS NURUL AMAL KARAWANG

Muhammad Yasin, Akil Akil, Jaenal Abidin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat mengetahui pengetahuan yang berkaitan tentang upaya peningkatan membaca al-qur'an serta metode yang digunakan oleh guru untuk memudahkan peserta didik membaca al-qur'an. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menyajikan data dengan deskripsi berbentuk kata-kata. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan penyajian datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa upaya dalam meningkatkan membaca al-qur'an di Majlis Nurul Amal ialah metode yang digunakan tepat untuk mengatasi permasalahan dalam membaca al-qur'an, sehingga anak dapat memahami serta memudahkan nya untuk dapat belajar membaca al-qur'an. Akan tetapi pada setiap upaya memiliki faktor pendukung serta penghambat yang dialami oleh guru dalam meningkatkan membaca al-qur'an pada peserta didik. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut ialah peserta didik yang kurang aktif dalam belajar serta kurang nya motivasi yang dimilili oleh peserta didik terebut untuk belajar membaca al-qur'an.

Keywords


Upaya, Peserta didik, Membaca al-qur’an

Full Text:

PDF

References


As-Syilasyabi, Abu Yahya. (2007). Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid. Yogyakarta: Daar Ibn Hazm

Daradjat, Zakiah. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriana, Dina. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Jogjakarta: DIVA Press

Maidir, Harun, dkk. (2007). Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA. Jakarta: DEPAG Badan Litbang dan Puslitbang

Moleong, Lexy J., (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya

Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.435-440

Article Metrics

Abstract view : 390 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.