PENDIDIKAN KARAKTER DALAM IMPLEMENTASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MTS IKHWANUL MUSLIMIN KEC. TEMPURAN KAB. KARAWANG)

Cucun Cunayah, Akil Akil, Jaenal Abidin

Abstract


Pada penelitian ini yang menjadi dasar alasan peneliti memilih judul ini ialah karena peneliti menilai bahwa kualitas karakter yang dimilili oleh pemuda sebagai penerus bangsa cukup memperhatinkan, sehingga peneliti berfikir untuk mengulas lebih dalam apa yang menjadi sebab akibat, serta pengaruh dari pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan di MTs Ikhwanul Muslimin Tempuran Karawang. Oleh sebab itu diharapkan pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan di MTs Ikhwanul Muslimin Tempuran dapat memberikan angin segar serta pengaruh yang baik terhadap karakter yang dibentuk melalui pembelajaran akidah akhlak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, yang mana pada metode ini hasil serta temuan yang di temukan dilapangan akan di sajikan melalui bentuk narasi yang rinci, singkat, padat serta jelas dalam menyajikan datanya, melalui pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, serta observasi. Penyajian data pada penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Melalui studi kasus pada penelitian ini untuk meneliti sejauh dan bagaimana pembelajaran akidah akhlak dilakukan di MTs Ikhwanul Muslimin, sehingg peneliti dapat mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung serta penghambat sekolah dalam mendidik serta membentuk karakter pada peserta didik di MTs Ikhwanul Muslimin Tempuran Karawang.


Keywords


Karakter, Aqidah Akhlak, MTs Ikhwanul Muslimin

Full Text:

PDF

References


Abdullah bin, Abdil Hamid al-Atsari. (2005). Panduan Aqidah Lengkap, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.

Aly, Hery Noer dan Munzier. (2008). Watak Pendidikan Islam, Jakarta Utara: Friska Agung Insani, cet. III.

Koesoema Doni A. (2007). Pendidikan Karakter, Jakarta, PT Grasindo.

Muhaimin, dkk. (2001). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekola. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujib, Abd, Muhaimin Tadjab. (1994). Dimensi-Dimensi Studi Islam. Surabaya: Karya Abditama.

Samani, Muchlas Dan Hariyanto, M.S. (2011). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.423-428

Article Metrics

Abstract view : 414 times
PDF - 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.