PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI BENTUK UNTUK MENUMBUHKAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA DIRI ANAK

Andini Mustika Putri, Ajat Rukajat, Khalid Ramdhani

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan ini bersifat kualitatif, dalam penelitian kualitatif ini memiliki tujuan untuk mendapatkan bagaimana guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan jiwa seorang pribadi muslim pada diri seorang anak didiknya. Penelitian ini menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni observasi dengan menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan mengamati individu atau kelompok secara langsung. Kiat guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan proses dalam belajar Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan jiwa seorang pribadi muslim pada diri anak ternyata memiliki dampak yang baik pada tingkah laku dalam sifat keagamaan, menghargai terhadap sesama, adanya perubahan ke arah yang lebih baik dan tingkat kedisiplinan, dalam hal bentuk kedisiplinan masih diperlukan adanya perhatian yang lebih lagi untuk dapat adanya perbaikan. Guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki banyak kiat yang dilakukan sebagai upaya menumbuhkan jiwa yang memiliki kepribadian layaknya seorang muslim. Disini guru Pendidikan Agama Islam memiliki dua kiat yang digunakan yaitu pembelajaran tidak langsung dan secara langsung. Dalam penelitian ini menemukan bahwa kiat Guru Pendidikan Agama Islam dalam menyampaikan  Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan kepribadian Muslim pada diri  peserta didik memiliki dampak yang baik.


Keywords


Kiat Guru, Pendidikan Islam, Kepribadian Islami

Full Text:

PDF

References


Abduh Malik, M. (2009). Pengembanagan Kepribadian Pendidikan Agama Islam. Depatemen Agama.

Albanjari, R. R. (2008). Membaca Kepribadian Muslim Seperti Membaca Al-Quran. Diva Press.

Daradjat, Z. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Dimyati dan Mudjioono. (2006). Belajar dan Pembelajaran (Ketiga). PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2006). Konsep Belajar dan Pembalajaran. Rineka Cipta.

Elihame,E.,Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Pendiikan, 2.

Hidayat, D. R. (2011). Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Ghalia Indonesia.

Lubis, M. (2008). Evaluasi Pendidikan Nilai. Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Qomar, M. (2013). Strategi Pendidikan Islam (H. Saputra (Ed.)). Erlangga.

RI, D. P. dan K. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia (XI). Balai Pustaka.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan praktik pengembangan KTSP (kesatu). Kencana.

Skarjawi. (2008). Pembentukan Kepribadian Anak. PT Bumi Aksara.

Syarifudin, O. (2004). Islam dalam Berbagai Dimensi ;Kajian tentang Agama,sejarah dan pendidikan. Berkah Utami.

Tafsir, A. (2004). Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. Mimbar Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.383-395

Article Metrics

Abstract view : 1390 times
PDF - 1411 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.