PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN DI MA NIHAYATUL AMAL

Uswatun Hasanah Li’ila Kalimatillah, Undang Ruslan Wahyudin, Taufik Mustofa

Abstract


Media merupakan faktor yang membantu keefektifan dalam pembelajaran. Media dapat membantu memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru melalui media. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih bervarian agar peserta didik tidak merasa bosan dan monoton dalam melakukan pembelajaran. Melalui media pembelajaran juga diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik agar memiliki spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, akhlak, dan karakter. Media pembelajaran merupakan jembatan bagi guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Selain media pembelajaran dapat meningkatkan hasil pembelajaran, media pembelajaran juga dapat menarik daya tarik peserta didik untuk memperhatikan dengan baik saat pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang mana pada metode kualitatif ini data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi akan di sajikan dalam bentuk kalimat atau deskripsi. Dalam menganalisis data yang diperoleh di lapangan dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara maka analisis datanya ialah dengan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Melalui penelitian dengan metode tersebut maka dapat peneliti simpulkan bahwasanya penggunaan media dalam pembelajaran guru PAI untuk meningkatkan pemahaman peserta didik itu sangat penting, hal ini dikarenakan media dalam pembelajaran memiliki kedudukan untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran dengan mudah.


Keywords


Media, Guru PAI, MA Nihayatul Amal

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Tanzeh, Pengantar Metodologi Penelitian. Yongyakarta: Teras, 2009. Akhyak. Profil Pendidik Sukses. Surabaya: eLKAF, 2003.

Patoni, Achmad. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bina Ilmu, 2004. Qahar, Mas’ud Hasan Abdul. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: CV. Bintang Pelajar, 1980.

Rivai, Ahmad & Nana Sudjana. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.

Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Sihkabuden. Modul Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan, 1999.

Djamaroh, Bahri Syaiful & Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.354-360

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.