UPAYA GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MDA NURUL HUDA ADIARSA BARAT)

Windy Eka Putri, Akil Akil, Jaenal Abidin

Abstract


Madrasah Diniyah adalah lembaga pendidikan dengan status nonformal. Madrasah Diniyah fokus dalam memberikan pembelajaran terkait nilai-nilai agama islam. Walaupun dalam sifat nya Madrasah Diniyah ini sebagai pendidikan nonformal akan tetapi madrasah menjadi pelengkap pendidikan formal sehingga madrasah terdapat pada sistem pendidikan nasional dengan harapan lembaga pendidikan nonformal juga dapat memberikan kontribusinya dalam meningkatkan kecerdasan anak bangsa melalui nilai-nilai agama sehingga dalam hal tersebut dapat mencapai tujuan dari pendidikan nasional. Jenis dari penelitian ini ialah kulaitati dengan menggunakan metode penelitian nya deskriptif kualitatif. Lokasi yang dijadikan dalam penelitian ini di MDA Nurul Huda Adiarsa Barat. Sehingga dilakukan nya penelitian ini bertujuan untuk bagaimana upaya guru MDA Nurul Huda Adiarsa Barat dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan penyajian data, reduksi data, serta menarik kesimpulan melalui data yang di dapat dalam penelitian.


Keywords


Madrasah Diniyah, Peningkatan pemahaman, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Binti Maunah, 2009, Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Teras

Choirul Fuad Yusuf, dkk, 2006. Isu-isu Sekitar Madrasah. Jakarta: Publishing Departemen AGAMA RI.

Direktorat Pendidikan Keagamaan & Pondok Pesantren Dirjen Kelembagaan Agama, 2003, Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah, Jakarta: Departemen Agama RI.

Djunaedi Mahfudz, 2006, Rekonstruksi Pendidikan Islam di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik Oemarr, 1994. Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara.

Hardani, dkk, 2020, Metode Penelitian Kualitatif & Kualitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.

Haryanto, 1997, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Kemenag RI, 2014, Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Tkmiliyah, Jakarta: Kemenag.

M. Ngalim Purwanto, 2009, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya

Munardji, 2004, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bina Ilmu

Ngalim Purwanto 2002, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Sukmadinata, 2005, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang SISDIKNAS 2003 UU RI No 20 Tahun 2003 Bab I Pasal I point 5 dan 6

Yusuf Anas, 2009, Managemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.347-353

Article Metrics

Abstract view : 402 times
PDF - 339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.