PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SMPN 1 TELAGASARI

Siti Nadia Permatasari, N Fathurrohman

Abstract


Perpustakaan merupakan suatu lembaga yang memuat bergabai buku-buku dari berbagai ilu pengetahuan. Peran dari perpustakaan bagi ilmu pendidikan sangatlah penting karena sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pengembangan dari pengetahuan yang sudah ada agar memiliki femahaman yang lebih rinci melalui membacaa berbagai buku yang disediakan didalam perpustakaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan perealisasian dari perpustakaan sebagai manajemen sumber belajar siswa di SMP Negeri 1 Telagasari. Melalui penggunaan metode penlitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar belum berjalan dengan lancer, masih belum berjalan dengan maksimal, karena masih ada sedikit kekurangan, seperti 1) bangunan yang memenuhi syarat; 2) belum lengkap perlengkapannya; 3) tata letak perpustakaan; 4) koleksi perpustakaan yang masih sedikit; 5) pustakawan yang cukup; 6) pelayanan yang cukup baik; 7) kurangnya aturan perpustakaan yang cukup jelas. Hal-hal ini membuat siswa kurang termotivasi untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar.


Keywords


Pengelolaan Perpustakaan, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Darmono. (2004). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo

Indonesia. Perpustakaan Nasional RI.PedomanPerpustakaanSekolah IFLA/UNESCO. Jakarta: 2006

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Soeatminah. (1992). Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i3.310-316

Article Metrics

Abstract view : 1427 times
PDF - 537 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.