PENERAPAN STRUKTUR ORGANISASI SEDERHANA DI TK IT LEBAH MADU

Safira Sruie Zufari, Muhamad Taufik Bintang Kejora

Abstract


Struktur organisasi sederhana umumnya digunakan pada organisasi yang baru berdiri, ketika organisasi berkembang maka tipe struktur akan berubah. Struktur organisasi sederhana memiliki ciri jumlah anggota yang ramping, pengambilan keputusan dilakukan oleh hierarki tertinggi, sedikit formalisasi, luwes dan hemat biaya hal ini tentu saja memudahkan sebuah organisasi yang baru terbentuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan struktur organisasi sederhana di TK IT Lebah Madu dapat berperan dalam mensukseskan sekolah. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen antara lain, wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan struktur organisasi sederhana di TK IT Lebah Madu yang sudah berdiri selama 14 tahun terkahir sejauh ini efektif karena sekolah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan yaitu memiliki loyalitas dalam bekerja, tim kerja yang solid, individu merasa bahagia, dan yang utama peserta didik bahagia. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi pemimpin dalam membangun kesadaran pengajar untuk menambah pengetahuan pendidikan sehingga organisasi sekolah dapat berkembang menjadi lebih baik.


Keywords


penerapan; organisasi; struktur sederhana

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.205-211

Article Metrics

Abstract view : 1311 times
PDF - 588 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.