KEPEMIMPINAN BERBASIS KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MI AL- BAROKAH NIHAYATUL AMAL PURWASARI KARAWANG

Siti Hawa Lailiyah, Hinggil Permana

Abstract


kepemimpinan adalah usaha yang dikerjakan oleh seseorang agar dapat mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. Setiap Pemimpin memiliki sifat, karakter serta kepribadian sendiri yang memiliki ciri khas sehingga tingkah laku dan gayanya dapat membedakan dirinya terhadap orang lain. Gaya kepemimpinan merupakan upaya yang dilakukan oleh kepala pendidikan dalam meningkatkan profesinalisme guru yang di pimpinnya dengan melalui meningkatkan profesionalisme guru. Gaya atau karakter kepemimpinan adalah beberapa unsur yang dapat mempengaruhi terjadinya evaluasi kualitas pendidikan dalam menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik lagi dengan memberikan dorongan, bimbingan, nilai-nilai moral, serta motivasi yang di berikan oleh pemimpian kepada pendidik agar dapat mempengaruhi anggotanya dalam mengerjakan tugasnya secara profesional. Dengan demikian maka dalam satuan pendidikan hendaknya seorang pemimpin memiliki karakter pimpinan yang tepat yang dapat merubah kinerja pendidikan ke arah yang lebih baik dengan memberikan motivasi serta kerja sama yang baik antara pemimpin dengan pendidik sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Akan tetapi jika dalam setiap hal kepala sekolah harus memberikan perintah atau pengarahan, maka akan menimbulkan permasalahan, karena setiap hendak melakukan pekerjaan dengan baik itu harus dengan perintah yang diberikan oleh pimpinan, dan apabila tidak ada perintah yang di berikan oleh pimpinan maka tidak menghasilkan hasil kerja yang baik. maka akan sulit untuk melakukan perbaikan mutu kinerja. untuk itu permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini ialah bagaimana pemimpin menerapkan karekter kepemimpinan untuk meningkatkan profesionalisme guru agar tercapainya hasil belajar yang optimal sehingga memberikan dampak yang baik pada lembaga pendidikan. Dengan menggunakan metode penlitian deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan

Full Text:

PDF

References


Suharsimi, Arikunto. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Moleong, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Rivai, 2003, Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Cahaya Ilmu.

Baharudin dan Umiarso, 2012, Kepemimpinan Pendidikan Islam Antara Teori dan Praktik, Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA.

Damiyati Zuchdi, 2013, Model Pendidikan Karakter, PerpustakaanNasional.

Tri Supriyatno, Marno, 2008, Manajemen dan Kepemimpinan Kependidikan Islam, Bandung: Refika Aditma.

sudarwan danim, 2010, profesionalisasi dan etika profesi guru, alfabeta Bandung.

Said hasan, 2018, profesi dan profesionalisme guru, ponorogo: uwais inspirasi indonesia.

Wahyu Wijaswanto, 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hanafi, adu, muzakki, 2019, profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah, yogyakarta:deepublish

Seokarto Indrafachrudi dkk, 1983, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usana Offset Printing.

Nanang Fattah, 1996, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Veithzal Rivai dan Dedy Mulyadi, 2010, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Maman Ukas, 1999, Manajemen Konsep, Prinsip, dan Aplikasi, Bandung: Ossa Promo.

Seokarto Indrafachrudi dkk, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan.

Ishaq, yusrizal, bahrun, 2016, kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMA NEGERI 4 meulaboh dan SMA NEGERI 3 meulaboh. Jurnal administrasi pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i2.187-194

Article Metrics

Abstract view : 298 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.