PENDIDIKAN KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DAMPAK PERKULIAHAN DIGITAL BAGI MAHASISWA KESEHATAN UNIVERSITAS EFARINA

Salim Efendi, Pinondang Hotria Siregar, Ricard Fredrik Marpaung, Rudi Hermansyah Sitorus

Abstract


Setelah dua tahun berhadapan dengan wabah Covid-19, hingga saat ini efek yang begitu signifikan pada dunia pendidikan khususnya Indonesia masih dirasakan. Perkuliahan secara digital dan dapat dilaksanakan dilaksanakan dimana saja bagi para dosen merupakan alternative peralihan pelaksanaan perkuliahan agar dosen dapat terus mentransfer ilmunya kepada mahasiswa. Tujuan utama dari Pelaksanaan perkuliahan digital yaitu terjaganya mutu pendidikan Indonesia yang terus melakukan peningkatan pemerataan yang luas baik akses dan pelaksanaan pendidikan. Perkuliahan digital yang dilaksanakan perguruan tinggi sebagai bentuk jaminan kualitas dan pemenuhan kebutuhan masyarakat dan stakeholder sebagai sarana memperluas akses pendidikan diperguruan tinggi. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan untuk memperoleh informasi mengenai efek/dampak positif dan negative yang dihadapi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Efarina dalam menerapkan metode pembelajaran secara digital ditengah wabah Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain ntumentasi penelitian menggunakan lembar observasi dan dan lembar wawancara yang dilakukan kepada 30 mahasiswa sebagai sampel di Fakultas Kesehatan Universitas Efarina dengan menggunakan teknik sampel purposive. Hasil tindakan penelitian yang diperoleh, yaitu: (1) Perkuliahan digital sangat bergantung pada jaringan koneksi internet, bila koneksi jaringan internet mengalami gangguan maka akan mengakibatkan efek yang sangat kompleks sehingga menjadi kendala bagi mahasiswa dalam mengikuti kuliah dengan baik dan lancar, (2) Kesiapan device dan psikologi mahasiswa yang masih kurang sebagai bentuk kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan digital (3) mahasiswa cenderung pasif, kurang kreatif dan produktif (4) Kurang tersedia dengan baik modul skill lab sebagai penunjang untuk alat laboratorium dan praktik kesehatan. Sebagai kesimpulan, perkuliahan digital menyebabkan efek yang begitu kompleks dalam pelaksanaan perkuliahan digital yang dilakukan mahasiswa Kesehatan Universitas Efarina

Keywords


Covid-19, Kesehatan, Perkulihan Digital

Full Text:

PDF

References


Beauchamp and Childress.1994. Principles of biomedical ethics. 4th Ed. New York: Oxford University Press, 1994.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the Covid-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 112934.

Charismiadji, Indra. (2020). Mengelola Pembelajaran Daring yang Efektif. https://news.detik.com/kolom/d-4960969/mengelola-pembelajaran-daring-yang-efektif

Duguid J, Duguid L, Bryan J. 2020. The impact of the COVID-19 pandemic on medical education: a student perspective. Br J Hosp Med (Lond). 2020;81(9):1.

Firman F, Rahayu S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indones J Educ Sci. 2020;2(2): 81–9.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia. 2020. Data COVID-19 Global dan Indonesia [Internet]. 2020. Available from: https://covid19.go.id/

Herliandry LD, Nurhasanah N, Suban ME, Heru K. 2020. Pandemic learning during the Covid-19. J Teknol Pendidik [Internet]. 2020;22(1): 65–70. Available from: http:// journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Indrawati B. 2020. Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. J Kaji Ilm. 2020;1(1):39–48.

Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). " Learning Task" Attributable to Students' Stres During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208. http://dx.doi.org/10.32584/jikj.v3i2.590

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). 2020.

Nasir, Abdul., Abdul Muhith. (2011). Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar Dan Teori. Jakarta: Salemba medika.

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., & Al-jabir, A. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect the company’s public news and information

Pei L, Wu H. 2019. Does online learning work better than offline learning in undergraduate medical education? A systematic review and meta-analysis. Med Educ Online [Internet]. 2019;24(1). Available from: https://doi.org/10.1080/ 10872981.2019.1666538

Rajab MH, Gazal AM, Alkattan K. 2020. Challenges to Online Medical Education During the COVID-19 Pandemic. Cureus. 2020;12(7).

Rozaliyani A, Widjaja HT, Prawiroharjo P, Sukarya W. 2020. Kajian Etik Pendidikan Jarak Jauh dalam Pendidikan Kedokteran di Indonesia. Jurnal Etika Kedokteran Indonesia 2020;4(10): 57–62.

Sudarsana IK, Lestari NGAMY, Wijaya IKWB, Krisdayanthi A, Andayani KY, Trisnadewi K, et al. COVID-19:Perspektif Pendidikan. Bali: Yayasan Kita Menulis 2020. 39–51 p.

Sulata, M. A., & Hakim, A. A. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Unesa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 08(03), 147–156.

Tahrus ZNH, 2020. Dunia Dalam Ancaman Pandemi : Kajian Transisi Kesehatan dan Mortalitas Akibat COVID-19. Dep Sosiologi, FISIP UI. 2020; (March): 1–2. doi: 10.13140/RG.2.2.36367.53922..

Walidaini B. Ketrerampilan Belajar Mahasiswa di Masa COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal. 2020;3(2):55–60. Available from: http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/10728




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i1.55-61

Article Metrics

Abstract view : 1266 times
PDF - 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.