PERAN TATA USAHA SEKOLAH MENGENAI PELAYANAN ADMINISTRASI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nina Afsari, Hinggil Permana

Abstract


Peran tata usaha sekolah memberikan pengaruh yang besar bagi kelangsungan administrasi di sekolah. Pelayanan yang diberikan oleh pegawai tata usaha sekolah seperti penerimaan, pencatatan, pengklasifikasian, pengolahan, penyimpanan, pengetikan, penggandaan, pengiriman informasi dan data secara tertulis yang diperlukan oleh lembaga pendidikan. Dengan adanya pandemi covid-19 timbulnya perubahan alur pelayanan yang diberikan tata usaha disekolah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2021. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran tata usaha sekolah mengenai pelayanan administrasi pada masa pandemi covid-19. Sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan cara mengumpulkan data serta informasi yang bersumber dari karya ilmiah yang berkaitan penelitian yang penulis buat, kemudian data tersebut dikaji dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa tata usaha sekolah dalam memberikan pelayanan administrasi saat masa pandemi covid-19 harus memperhatikan kualitas kerja yang diberikan, kesesuaian Standard Operating Procedure (SOP), ketapatan waktu dan kemampuan dalam bekerja, komunikasi dan interaksi pegawai tata usaha, inisiatif, dan tanggungjawab.


Keywords


Tata Usaha, Administrasi Sekolah, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Buku-Buku

Indrawan, I. (2020). Manajemen Personalia dan Kearsipan Sekolah. Jateng: Lakeisha.

Latief, R., & Utud, Y. (2017). Menjadi Produser Televisi. Jakarta: Kencana.

Mahmud, H. (2015). Administrasi Pendidikan. Makassar: Aksara Timur.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nurhadi, & Irhamuddin Harahap. (2020). Konsep Tanggung Jawab Pendidik Dalam Islam. Pekanbaru: Guepedia.

Ramadhaniyanti. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Sumanto. (2020). Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Jurnal/Artikel Ilmiah

Amirudin. Kinerja Pengawasan Tata Usaha Dengan Mutu Pelayanan Administrasi Di Madrasah. Vol. 7, No. 1. Juni 2017.

Debby D, Y, Linjewas. Kualitas Kerja Pegawai. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumber Daya Pembangunan. Vol. 2. 2016.

Muhamad Pandu maulana, Acep Nurlaeli, dan Sayan Suryana. Upaya Tenaga Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Sekolah. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 4, No. 2. 2021.

Internet

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektifitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19 (diakses tanggal 13 September 2021 pukul 15.31).

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 053/U/2/001 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Penyelenggaraan Persekolahan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v5i1.7-14

Article Metrics

Abstract view : 11075 times
PDF - 1684 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.