PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE FORM DAN APLIKASI EXAMBRO UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN PKN MATERI POKOK KEBHINNEKAAN BANGSA INDONESIA PESERTA DIDIK DI KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH-13 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Ahmad Husein Nst, Rajab Ansari, Andes Fuady

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengamati peningkatan efisiensi ulangan harian Mata Pelajaran PKn tentang Kebhinekaan Bangsa Indonesia (Kebhinnekaan Bangsa Indonesia) Bangsa melalui penggunaan aplikasi Google Form dan Exambro aplikasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan datanya Teknik pengumpulan yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket berisi siswa item opini tentang variabel Google Form (X1), variabel Exambro (X2) dan variabel Efisiensi Tes Harian (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) melalui penggunaan aplikasi Google Form dan aplikasi Exambro secara bersamaan (bersamaan) berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan efisiensi ulangan harian. 2) Variabel independen Google Form (X1) dan Exambro (X2) bersama-sama berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi pengulangan harian (variabel terikat) sebesar 61,6%, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh faktor-faktor di luar model. 3) Formulir Google variabel secara parsial memberikan kontribusi 21,9% untuk meningkatkan efisiensi ulangan harian. 4) Variabel Exambro secara parsial memberikan kontribusi 39,7% terhadap peningkatan efisiensi ulangan harian.


Keywords


Google Form, Exambro, Efficiency of Daily Test

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A., Leon. 2016. “Ujian Online Mahasiswa peserta didik Ilmu Komputer Berbasis Smartphone”. SNRIK: hal. 121-128 Admin, Welcome to Google Form, Dikutip kembali dari (Online) (https:/www.Google.com/intl/id/forms/about/pada 10 Mei 2020)

Adrian, Yudha dan Agustina, L., Rahidatul. 2019. “Kompetensi Guru Di Era Industri 4.0”. LENTERA: hal. 175-181.

Alinapia, dkk., (Eds.). 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Kediri: Dimar Intermedia.

Arikunto, Suharsimi, 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik , Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Asmanto, Edi dkk. 2017. “Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai MediaPembelajaran Bagi Guru SMAN 2 Kota Pekanbaru”. JURNAL Untuk Mu

negeRI 1 (1): hal. 42-47.

Asrul, dkk. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pustaka Media.

Cholid Nurbako, dkk. 2007. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Efisien (Def. 1, 2), (n.d), dalam KBBI Online (Online) (https://kbbi.web.id/efisien, diakses 27 mei 2020).

Fahrudin, Tora. 2009. “Perbedaan Efektif dan Efisien”, (online), (https://torafahrudin.wordpress.com/2009/10/09/perbedaan-efektif-dan- efisien/ ,diakses 21 mei 2020).

Fauzy, N., Afrida. 2014. “Kamus Obat Berbasis Android”. Skripsi. Purwokerto:

Fakultas Teknik UMP.

Frankl. 2012. Global Engineering Education,Austria: Klagenfurt University.

Gorid Keraf. 2005. Penelitian Berbahasa, Jakarta: Bina Aksara.

Hidayat, Anwar. 2012.” Pengertian dan Penjelasan Penelitian Kuantitatif-Lengkap”,

(Online),(https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian kuantitatif.html?amp ,diakses 24 mei 2020).

Indonesia. Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Pasal 28 D Ayat 1.

Indonesia. Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 20 Tahun 2003.

James, P., Shim, “Current Status, Issues, and Future of Bring Your Own Device (BYOD)Communications of the Asociation for Information Systems”, vol. 35,

, hal. 10.

Joko Subagyo, P. 2011. Metodologi Penelitian Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Aneka Cipta.

KBBI Online, “manfaat”, (kbbi.web.id diakses 25 mei 2020).

Kaiiali, M., Ozkaya, A., Altun, H., dan Alier, M., 2016, Designing A Seucre Exam Management System (SEMS) For E-Learning Technologies, (IEEE, 2016),

hal. 258.

Kasiram. Metodologi Penelitian, Malang: UIN Malang Pers.

Kecil, Lentera. 2019. “Pengertian Efisiensi, Tujuan, Jenis dan Contohnya”, (Online),

(https://www.kanal.web.id/pengertian-efisiensi-tujuan-jenis-dan-contohnya,

diakses 20 mei 2020).

Kusumah. 2011. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.584-592

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.