PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI PENERAPAN STRATEGI KEEP ON LEARNING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 BULUKUMBA

Andi Asnawi, Asdar Asdar, Andi Anugrah M

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsian peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks biografi melalui strategi keep on learning. Penelitian dilaksanakan melalui proses tindakan kelas. Tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali petemuan setiap siklus. Data penelitian didapatkan melalui teknik pengamatan dan tehnik penugasan. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bulukumba. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar pengamatan dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa penerapan strategi keep on learning meningkatkan keterampilan menulis teks biografi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bulukumba. Keterampilan menulis teks biografi yang diperoleh siswa pada siklus I yang tuntas hanya 11.53% dari 26 siswa. Siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar menjadi 25 siswa (96,15%). Penerapan strategi keep on learning dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis teks biografi. Oleh karena itu, penggunaan model ini tetap dipertahankan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.


Keywords


Menulis teks biografi, keep on learning, peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Benny. A. Pribadi, 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Dian Rakyat

Depdikbud. 1994. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Pertama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press. Notoatmojo. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Bandung: Alfabeta.

Rusyana, Y. (1984). Keterampilan Menulis Modul 1 s.d. 6 UT. Jakarta: Penerbit UT.

Sudjiman. 2013. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Dunia pustaka. Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosdakarya

Tarigan, H. G. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

.

Widyamartaya, A.L. 1997. Dasar-dasar Menulis Karya Sastra. Jakarta. Grasindo

Wiriatmaja, 2008. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Dian Rakyat Zaini, H, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.494-505

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.