PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 MAJALAYA
Abstract
Artikel ini membahas peran kepala sekolah seorang pemimpin dalam satuan pendidikan yang bertanggungjawab sebagai pemimpin dan memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu mempengaruhi, menggerakkan, dan mengkoordinasi prilaku orang lain dalam mengupayakan keberhasilan pendidikan di masa transisi pandemi covid-19. Ole karena itu, salah satu tugas kepala sekolah yaitu sebagai supervisor, yaitu memberikan pengarahan, membimbing, dan pengawasan terhadap pekerjaan yang di lakukan oleh tenaga pendidik agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan bagaimana pernan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Majalaya Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan yaitu dekriptif kualitatif, dan datanya bersifat fleksibel atau terbuka. Subyek dalam penelitian ini kepala sekolah sebagai key informan dan guru informan. Hasil dari penelitian ini kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yaitu melakukan pengarahan, bimbingan, dan pengawasan. Faktor pendukung yaitu; (1) adanya ketersediaan guru dalam menerima pengarahan, bimbingan, dan pengawasan, (2) partisipasinya siswa/peserta didik yang aktif dalam segala kegiatan-kegiatan disekolah, (2) adanya motivasi/dukungan dari atasan, dan adanya hubungan baik antara kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkat Faktor penghambat yaitu: (1) keterbatasan aktivitas disekolah sehingga pelaksanaan supervise dilaksanakan tidak maksimal, (2) minimnya bantuan operasional pemerintah terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar di masa pandemi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bartono & Ruffino, 2010, Teknik Supervisidan Uji Kompetensi untuk Pendidikan Pariwisata, Yogyakarta: PT. Andi Offset
Darmawa, Jon dan Ayu Andriani, 2021, Praktik Baik Masa Pandemi, Sukabumi: PT. Jejak Publisher
Engkoswara dan Aan Komariah, 2015, Administrasi_Pendidikan,_ Bandung: PT. Alfabeta
Febriayanti. (2017). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Patra Mandiri Plaju Palembang. Jurnal of Islamic Education Managemen, 3(1), 58–75.
Handarini & Wulandari, (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) 8(1), 496–503.
Hendriawati, R. (2019). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. https://doi.org/10.31227/osf.io/48532
History, A., Sekolah, K., & Guru, K. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap. 1(2), 88–92.
Machali, Imam dan Ara Hidayat, 2016, The Hand Book of Education Manajemen, Jakarta: PT. Penadamedia Group.
Indrawan, 2020, Manajemen PAUD, Riau: PT. Dotplus Publisher
Juliantoro, O. M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 5(2).
M. Kristiawan, Yuyun Yuniarsih, & Fitria, 2018, Supervisi Pendidikan, Bandung PT: Alfabeta
Rukin, 2019, Metodologi Penelitian Kualitatif, Takalar: PT. Ahmar Cendekia
Rahmatia Karim, Stevi S. SUMENDEP, and F.V.I.A Koagouw, “Pentingnya Penggunaan Jaringan Wifi Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka,” e-journal “Acta Diurna” 5, no. 2 (2016): 1–2.
Said, Khaeruddin, (2019). Pengembangan Profesi Guru Pada Kurikulum 2013. Riau: Indragiri Dot Com
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.357-366
Article Metrics
Abstract view : 2306 timesPDF - 1164 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.