PENGELOLAAN KEUANGAN DAN UPAYA PERBAIKAN SISTEM KEUANGAN DI TK AL-ISTIQOMAH

Tyas Estiani, Akil Akil, Muhammad Taufik Bintang Kejora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana cara pengelolaan pembiayaan yang ada di TK Al Istiqomah, agar memberi gambaran pembelajaran bagaimana cara pengelolaan pembiayaan yang ada di sekolah. Subjek penelitian yaitu TK Al istiqomah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara Kepala sekolah dan pihak yang terkait dengann pembiayaan yang ada di sekolah, serta dengan menggunakan metode dokumentasi guna menunjang hasil yang di berikan.
Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di sekolah TK Alistiqomah dimulai dengan dilakukannya dengan menggunakan 3 cara yaitu perencanaan, dimana dalam perencanaan semua kegiatan yang berhubungan dengan KBM sudah dimuat di dalam RAPBS yang disusun setiap awal tahun pembelajaran. Yang kedua pelaksanaan, dimana seluruh pemasukan dan pengeluaran dicatat dalam buku, untuk pengeluaran harus disertai oleh kwitansi pembelian untuk menghindari penyelewangan dana sekolah. Yang terakhir pertanggung jawaban yang dilakukan oleh bendahara keuangan yang melaporkan haasil keuangan kepada kepala sekolah.
Hasil penelitian diperoleh menunjukan bahwa TK Al Istiqomah dalam pengelolaan keuangan sekolah sudah mengikuti ketuntuan yang berlaku yang sesuai peraturan pemerintah dengan adanya RAPBS, namun untuk tahap pelaksanaan, pengawasan dan pertanggung jawaban masih belum sesuai dengan peraturan yang berlaku dan harus ditingkatkan lagi serta salah satu upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk pengelolaan pembiayaan adalah dengan bekerjasama dengan pihak lain.


Keywords


Lembaga Pendidikan , Pengelolaan Keuangan , Sistem Keuangan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cooper, B.S., Nisonoff, P. & Speakman , S.T (2001). Advanced Budget Technology in Education: The Future Is Now. School Business Affairs67 (2): 27-32

Fattah, Nanang. 2002. Ekonomi & pembiayaan pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Garessu, B.S. (2014). Management of finance with Reference to Selected Secondary School Of Oramia Region, Ethiopia. Pratibimba. Vol. 14, Iss 1, pp. 47-52

Handayaningrat, Soewarno. 1997. Pengantar Ilmu Administrasi dan Managemen. Jakarta: PT. Gunung Agung

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Child Development (terj. Med Meitasari Tjandrasa) New York: Mc Graw Hill

Mestry, R. (2004). Financial Accountability: The principal or The School Governing Body?. South African Journal of Education. Vol 24 (2) 126-132

Nasution, S. 2007. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nurrahmah. Prinsip-prinsip Manajemen Sekolah. 2016. Journal of Islamic Education Management,1 (1): 73 – 77

Sari, A.P. (2017). Pengelolaan Keuangan Sekolah Dan Upaya Perbaikan Sistem Manajemen Keuangan di TK Gaya Baru III Jebres. Jurnal fkip uns: 2-4

Suryana,D. 2008. Manajemen keungan sekolah. Jakarta: Erlangga

Syarifudin.2005. Pengelolaan di Madrasah. Bandung: Pustaka Studi Pesantren dan Madrasah.

Tarmizi, Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Melalui Bantuan Operasional Sekolah pada MIN Cempala Kuneng Kabupaten Pidie.2015 .jurnal unsyiah 3 (4):99-101

Wong, E.O.W. (2003). Leadership Style For School-Based Management in Hongkong. International Journal of Educational Management, 17 (6): 243-247




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.333-342

Article Metrics

Abstract view : 629 times
PDF - 386 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.