MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK AL-ANHAR KARAWANG

Annisa Ayu Sholiha, Astuti Darmiyanti, Nancy Riana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar pada anak kelompok A1 di TK Al-Anhar Karawang. Kegiatan mendongeng dengan menggunakan buku cerita bergambar yang menarik dapat memotivasi minat anak dalam berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 anak kelompok A1 TK Al-Anhar Karawang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, dan pedoman wawancara dengan guru untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini sudah mencapai 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak meningkat setelah dilakukan tindakan. Hasil observasi rata-rata kemampuan berbicara anak pada pra tindakan dari 48,46% menjadi 62,93% pada siklus I, dan mencapai 91,99% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dinyatakan memenuhi standar efektifitas dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun.


Keywords


Kemampuan berbicara, Metode Bercerita, Buku cerita

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum 6 (2003).

Masykouri, A. (2011). Mengasah Kemampuan Berbahasa di Usia 4-6 tahun. 1–20.

Ni Kadek Dewi Wahyuni, I Wayan Wiarta, I. N. S. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B TK Putra Sesana Antiga, Karangasem. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Puspita, P. M., Wirya, I. N., & Antara, P. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di TK Catur Paramita. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Teundang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Bab Ii, Pasal 3, 1 (2003). 1–21. www.hukumonline.com

Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. (2020). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam Terhadap Keterampilan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 309–318. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjjroiv2cTtAhXZQ30KHSMkDTMQFjAAegQIBBAC&url=https%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJLLS%2Farticle%2Fview%2F27281&usg=AOvVaw2GbDogw9O96wS_AZ_af8HD

Widianti, Suarni, I. A. K. S., Ketut, N., & Asril, N. M. (2015). Penerapan metode bercerita dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak. PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.311-322

Article Metrics

Abstract view : 2672 times
PDF - 837 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.