IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN BERKATA TOLONG, MAAF, TERIMAKASIH UNTUK PEMBENTUKKAN KARAKTER PADA ANAK 5-6 TAHUN DI TK ISLAM DZAKRA LEBAH MADU

Liana Alifah, Debibik Nabilatul Fauziah, Rina Syafrida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk implementasi metode pembiasaan berkata tolong, maaf, terimakasih untuk pembentukkan karakter pada anak usia dini. Dalam pembentukkan karakter menggunakan metode pembiasaan yang mudah untuk diterapkan pada anak usia dini secara berulang-ulang. Metode penelitian yang dipakai oleh penulis adalah kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan 4 pembiasaan dalam kegiatan pembelajarannya sebagai berikut meliputi: pembiasaan rutin, spontan, keteladanan, dan terprogram. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam DZAKRA Lebah Madu yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian adalah metode pembiasaan untuk pembentukkan karakter pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian hanya menggunakan wawancara, untuk wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru kelompok B4 untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini adalah faktor pendukung dalam pembiasaan pembentukkan karakter pada anak usia dini merupakan guru, orang tua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembiasaan pada pembentukkan karakter anak usia dini, meningkat setelah adanya metode pembiasaan tersebut. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat di terapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari disekolah maupun dirumah.

Keywords


early childhood education

Full Text:

PDF

References


Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. 2(1), 35–53.

Hidayat, N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Pondok Pesantren Pabelan. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 95.

https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4948

Kualitatif, S., Anak, K., Dini, U., & Keluarga, M. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini : Keluarga , Sekolah , Dan Komunitas ? 2(1), 13–19.

Mukhtar, L., Zukhairina, Rita, Z., & afandi muhammad (Eds.). (2016). ORIENTASI BARU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (3rd ed.).

Nita Nur Muliawati (Ed.). (2013). Konsep Dasar PAUD (pertama).

Pendidikan, J., & Volume, N. (2019). 54 | Jurnal Pendidikan Nonformal Volume XIV, No. 1, Maret 2019. XIV(1), 54–67.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., Hasriah, S., Hamzanwadi, P. F. U., & Adniyah, T. K. U. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.390-403

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
Dikelola Oleh Lembaga Penelitain Pengabdian Masyarakat (LP2M)
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.