STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 KARAWANG BARAT

Alya Aulia Syafaah, Ilham Fahmi, Yayat Herdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran daring SMP Negeri 2 Karawang Barat. Pendekatan yang di lakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Kesulitan belajar yang sedang terjadi di SMP Negeri 2 Karawang Barat terjadi karena faktor masalah pandemi covid-19 yang sedang terjadi yang mengakibatkan munculnya kesulitan belajar dikarenakan pembelajaran di lakukan secara jarak jauh atau daring yang berimbas kepada siswa dan guru, guru di tuntut  ntuk memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik guru harus menyiapkan strategi dalam mengatasi segala kesulitan dalam pembelajaran terutama mengatasi kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19. Untuk menghadapi masalah tantangan dalam pembelajaran daring SMP Negeri 2 Karawang Barat seorang guru harus memiliki kepiawaian dalam memberikan program belajar dari rumah kepada siswa, diharapkan dengan adanya pembelajaran daring dapat memberikan pembelajaran ang bermakna bagi peserta didik. Penelitian tentang Strategi Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 2 Karawang Barat bertujuan: (1) memahami masalah dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, (2) mencari solusi dalam pelaksanaan pembelajaran daring, (3) membuat strategi pembelajaran yang efektif di masa pandemic covid-19.  


Keywords


Strategi, Mengatasi kesulitan Belajar, Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar:Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Majid, Abdul. (2019). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (3rd ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muin, Abdul & dkk. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar pada Siswa. Malang: Cv Literasi Nusantara Abadi.

Rahmat. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agaman Islam Berwawasan Multikultural. Depok: PT. Rajagtafindo Persada.

Rohman, Fathur. (2021). Strategi Pembelajaran PAI (2nd ed.). Jepara: Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Unisnu.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Bandung: ALFABETA.

Widyastuti, Ana. (2021). Buku Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Daring Luring BDR. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindak Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Muri A. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Peraturan Pemerintah Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.281-288

Article Metrics

Abstract view : 1302 times
PDF - 995 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.