PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Prodi Manajemen Pemasyarakatan Angkatan 55. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian atau riset ini adalah Taruna Muda Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan sebanyak 103 Taruna. Teknik Pengambilan sample yang digunakan ialah simple random sampling yaitu dengan cara pengambilan sampel secara acak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah berjumlah 82 Taruna. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari dukungan sosial terhadap motivasi belajar Taruna Muda Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar taruna diperoleh nilai thitung (6,552) > (1,990) maka dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan memiliki pengaruh antara variabel dukungan sosial (X) terhadap motivasi belajar (Y) adalah bersifat positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hsu, Jyh Yih, Chia Chen Chen, and Po Feng Ting. 2018. “Understanding MOOC Continuance: An Empirical Examination of Social Support Theory.” Interactive Learning Environments 26(8): 1100–1118. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1446990.
Li, Kam Cheong et al. 2018. “Effects of Mobile Apps for Nursing Students: Learning Motivation, Social Interaction and Study Performance.” Open Learning 33(2): 99–114. https://doi.org/10.1080/02680513.2018.1454832.
Maimunah, Siela. 2020. “Pengaruh Dukungan Sosial Dan Efikasi DiTerhadap Penyesuaian Diri.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 8(2): 275–82.
Muhammad Fauzan Faqih. 2020. “Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Malang Yang Bekerja.” Skripsi.
Septiawati, Sriana. 2017. “The Influence of Social Support and Extraversion Personality To.” Jurnal Ecopsy 4(2): 77–84.
Tan, Kit Aun. 2019. “The Effects of Personal Susceptibility and Social Support on Internet Addiction: An Application of Adler’s Theory of Individual Psychology.” International Journal of Mental Health and Addiction 17(4): 806–16.
Tsai, Chia Hui, Ching Hsue Cheng, Duen Yian Yeh, and Shih Yun Lin. 2017. “Can Learning Motivation Predict Learning Achievement? A Case Study of a Mobile Game-Based English Learning Approach.” Education and Information Technologies 22(5): 2159–73. http://dx.doi.org/10.1007/s10639-016-9542-5.
Tunggadewi, Titis Pramesti, and Yeniar Indriana. 2017. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Santri Di Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Jawa Tengah.” Empati 6(3): 313–17.
Wijaya, Anak Agung Ayu Rianika, and Putu Nugrahaeni Widiasavitri. 2019. “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Remaja Awal Di Kota Denpasar.” Jurnal Psikologi Udayana 6(02): 261.
Zulkarnain, Muhammad, Erita Yuliasesti Diah Sari, Purwadi. 2019. “Peranan Dukungan Sosial Dan Self Esteem Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan: 447–53.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.133-143
Article Metrics
Abstract view : 5546 timesPDF - 1999 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.