PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BATANG ANGKOLA

Rima Yusnita Hasibuan, Agus Makmur, Susi Sulastri Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP   N 2 Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakankelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Batang Angkola yang berjumlah26 siswa.Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika di kelas VIII-A SMP N 2 BATANG ANGKOLA

Pada tes   kemampuan awal diperoleh bahwa banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 8dari 26 orang siswa (30,76%) dengan rata-rata kelas 44,11  kategori kemampuan sangat rendah. Hasil analisis pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran melalui metode pembelajaran berbasis masalah banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan adalah 11dari 26 orang siswa (42,30%) dengan rata-rata kelas 48,27 kategori kemampuan sedang. Pada hasil analisis data siklus II banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar  adalah 20 dari 26 orang siswa (76,92%) dengan rata-rata kelas 69,42 kategori kemampuan sedang. Berdasarkan criteria ketuntasan belajar klasikal yaitu minimal 75 % dari jumlah siswa, maka daya serap nilai hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata mnimal 65. Maka dari hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran berbasis masalah pada tiap siklus meningkat dan telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono., (2009), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Aunurrahman ,(2009), Belajar dan pembelajan, Alfabeta,Bandung.

Budiningsuh Astri , (2012), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

https://brainly.co.id/tugas/8275464

https://www.asikbelajar.com/ciri-dan-indikator-keterampilan/.diakses pada tanggal 10 mei 2019 (12:00)

https://www.kajianpendidikan.com/2014/02/ciri-ciri-kemampuan-berpikir-kritis.html) diakses pada tanggal 10 mei 2019.

Istarani, (2011), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.

Rangkuti Ahmad Nizar.(2016),Metode Penelitian pendidikan,Citapustaka Media,Bandung.

Sudjana, Nana., (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Rosdakarya, Bandung

Syafaruddin ,(2005), Ilmu Pendidikan Perspektif Baru Rekontruksi Budaya abad XXI,Cipta Pustaka Media, Bandung.

Syah Muhibbin.(2013),Psikologi Belajar,PT Rajagrafindo Persada,Jakarta.

Surakhmad, Winarno, 2001, Pengantar Penelitian Ilmiah (Dasar Metode dan Teknik), Bandung : Tarsito.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar prosespendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, Enco. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2003.Metodologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Muslich, Mansur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi danKontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.180-191

Article Metrics

Abstract view : 650 times
PDF - 274 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.