IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI EKOLOGI PADA SISWA SMPN 1 TARIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyah, S. F. R., & Hidayah, S. N. (2018). Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 1 Cerme Gresik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 06(2), 319–324.
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Damayanti, A. D., Jannah, A. N., & Agustin, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding Samasta, 29.
Firdaus, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Generic Sains Biologi Ditinjau dari Self Regulation Peserta Didik Kelas VII SMP Islam 1 Kalirejo. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue February). Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669
Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Biologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795–5799. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1190
Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh Pbl Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Pada Siswa Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7789
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097–2107.
Lestari, I., & Juanda, R. (2019). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Keras Jaringan Internet Kelas IX SMP Negeri 5 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Efektor, 6(2), 127–135. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/e.v6i2.13159
Mubarokhah, N. L. (2023). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbasis Phet Simulation terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke. In Universitas Negeri Jember. UNiversitas Jember.
Nurlaila. (2020). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Gelombang Di Sma Negeri 1 Syamtalira Aron. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 47–53. https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i2.3226
Pane, I., Maghfuroh, L., Hairil, A., Simamora, R. S., Lestari, Z. W., Galih, A. P., Wisnu, W. P., Waluyo, Uslan, Hadju, V. A., & Aulia, U. (2022). Desain Penelitian Mixed Method (Issue November).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Putri, D. A., Subekti, H., & Sari, D. A. P. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 8(3), 248–253. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Rahmah, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN 3 Tapaktuan [Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24175
Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –, 17(3), 26–36.
Syafril. (2019). Statistik Pendidikan (pertama). Kencana.
Ulfa, N. (2016). Pengaruh Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bahan Kimia dalam kehidupan Sehari-hari di Kelas VIII SMPN 1 Sukamakmur. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Wulandari, W., F.M., L., & Supriyanti, T. (2011). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i2.36043
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D . Bandung : Alfabeta,.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.