PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA (STUDI KASUS SISWA IPS SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR)

Sahat Renol HS, Binsar Tison Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran mengenai literasi keuangan, pengendalian diri, dan perilaku konsumtif; 2) Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa; 3) Pengaruh pengendalian diri terhadap perilaku konsumsi siswa; dan 4) Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku mahasiswa. Inilah tujuan dari penelitian ini. Siswa IPS SMA Negeri 5 Pematang Siantar berjumlah 261 orang yang menjadi populasi penelitian. Selanjutnya, 147 siswa dipilih sebagai sampel dengan menggunakan metode seleksi acak berstrata. Dua teknik utama untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah kuesioner dan observasi. Uji normalitas data, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas merupakan uji pendahuluan dalam penelitian ini. Uji-t, uji F, regresi linier berganda, dan analisis deskriptif merupakan metode analisis data yang digunakan. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perilaku konsumsi pelajar dipengaruhi secara negatif dan signifikan antara lain oleh literasi keuangan dan pengendalian diri; 2) Perilaku konsumsi pelajar dipengaruhi secara negatif dan signifikan oleh literasi keuangan dan pengendalian diri baik secara bersamaan maupun bersama-sama. Selain itu, pengendalian diri dan literasi keuangan menyumbang 48,3% dari perilaku konsumtif siswa, dan faktor-faktor lain di luar cakupan penelitian ini menyumbang 51,7% dari variasi tersebut.

Keywords


Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Astidewi, K. 2018. Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Penggunaan Paket Kuota Internet (Studi pada Siswa SMAN 5 Samarinda). PSIKOBORNEO, 6(1), 30-35.

Baumeister, R.F., et al. 2008. Free Will in Consumer Behavior: Self-Control, Ego Depletion, and Choice. Journal of Consumer Psychology, 18(1), 4-13.

Bernheim, B. D., Garrett, D. M., & Maki, D. M. 1997. Education and Saving: The Long-Term Effects of High School Financial Curriculum Mandates. National Bereau of Economic Research. Working Paper 6085.

Dwiastanti, A. 2015. Financial Literacy as the Foundation for Individual Financial Behavior. Journal of Education and Practise, 6(33), 99-105.

Fattah, F. A., Indriayu, M., & Sunarto. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 11–21.

Ghufron, M. N. & Risnawati, R. S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gupta, K & Kaur, J. 2014. A Study of Financial Literacy Among Micro Entrepreneurs District Kangra. Impact: International Journal of Research in Business Management, 2(2),63-70.

Haryani, I. & Herwanto, J. 2015. Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 11(1), 5-11.

Kiliyanni, A. L & Sivaraman, S. 2016. The Perception-Reality Gap in Financial Literacy: Evidence from the most literate state in India. International Review of Economics Education, 23(2016), 47-64.

Kotler, P., & Keller, L. 2016. Marketing Management 15th Edition (15th ed.). Prentice Hall.

Kumar, S. & Anees, Md. 2013. Financial Literacy and Education: Present Scenario in India. International Journal of Engineering and Management Research, 3(6), 83-87.

Kuncoro, M. 2014. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (Edisi Ketiga). Jakarta: Erlangga.

Lusardi, A & Mitchell O. S. 2011. Financial Literacy Around The World: An Overview. NBER Working Paper Series. National Bereau of Economic Research.

Lusardi, A., Mitchell, O.S., & Curto V. 2009. Financial Literacy Among The Young: Evidence and Implications for Consumer Policy. Working Paper 15352. National Bereau of Economic Research.

Nokadianti, S. M. 2013. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua, Lingkungan, dan Pengetahuan Dasar Ekonomi Terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 55-60.

Programme for International Student Assessment. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.127-138

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.