PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SDN 01 2XII ENAM LINGKUNG PADANG PARIAMAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terciptanya pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran aktif. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Jigsaw lebih baik pengaruhnya daripada konvensionalterhadap hasil belajar IPA di kelas IV SDN 01 2X111 Enam Lingkung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Design Static-Group Comparisson. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 01 2X11 Enam Lingkng sekaligus menjadi sampel. Terpilih kelas IVCsebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data observasi pelaksanaan penelitian yang diamati oleh observer untuk melihat jalannya pelaksanaan penelitian dan hasil tes. Hasil tes akhir didapatkan nilai rata-ratakelas eksperimen 78,18 dan kelas kontrol 61,87. Kedua nilai rata-rata tersebut mempunyai selisih 16,31.
Hasil uji t didapatkan thitung adalah 1,67. Dan ttabel dengan derajat kebebasan dk 43 dari tabel t(0.950)(43)=2,04. Kriteria pengujian hipotesis adalah terima Ho jika thitung <ttabel. Dalam penelitian ini thitung >ttabel , berarti tolak Ho dan terima Ha. Dapat disimpulkan model Jigsawberpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SDN 01 2X11 Enam LingkungKeywords
Full Text:
PDFReferences
Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.
Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.
Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.
Susanto, Ahmad . Teori Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suryono. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet
Asep, Jihad. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Pressindo
Usman, Samatowa. Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks
Isjoni. 2016. Cooperative Learning.Bandung: Alfabet
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Ibnu, Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Media Persada
Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja
Slavin, Ribert. 2005. Kooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Kurniasih, Imas. 2015. Model Pembelajaran. Kata Pena
Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Islam. Jakarta: PT Intermasa
Hamzah, Emir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok. Rajawali Pers
Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabet
Riduwan.2010. Belajar Mudah Penelitian. Bandung. Alfabet
Margono. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta. Riner
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i3.275-286
Article Metrics
Abstract view : 364 timesPDF - 146 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.