PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SDN 01 2XII ENAM LINGKUNG PADANG PARIAMAN

Rina Novitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terciptanya pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran aktif. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Jigsaw lebih baik pengaruhnya daripada konvensionalterhadap hasil belajar IPA di kelas IV SDN 01 2X111 Enam Lingkung.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Design Static-Group Comparisson. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 01 2X11 Enam Lingkng sekaligus menjadi sampel. Terpilih kelas IVCsebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data observasi pelaksanaan penelitian yang diamati oleh observer untuk melihat jalannya pelaksanaan penelitian dan hasil tes. Hasil tes akhir didapatkan nilai rata-ratakelas eksperimen 78,18 dan kelas kontrol 61,87. Kedua nilai rata-rata tersebut mempunyai selisih 16,31.

Hasil uji t didapatkan thitung adalah 1,67. Dan ttabel  dengan derajat kebebasan dk 43 dari tabel t(0.950)(43)=2,04. Kriteria pengujian hipotesis adalah terima Ho jika thitung <ttabel. Dalam penelitian ini thitung >ttabel , berarti tolak Ho dan terima Ha. Dapat disimpulkan model Jigsawberpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SDN 01 2X11 Enam Lingkung

Keywords


Jigsaw, Belajar, Pembelajaran,Hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.

Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.

Susanto, Ahmad . Teori Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suryono. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Asep, Jihad. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Pressindo

Usman, Samatowa. Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks

Isjoni. 2016. Cooperative Learning.Bandung: Alfabet

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Ibnu, Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Media Persada

Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja

Slavin, Ribert. 2005. Kooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Kurniasih, Imas. 2015. Model Pembelajaran. Kata Pena

Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Islam. Jakarta: PT Intermasa

Hamzah, Emir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok. Rajawali Pers

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabet

Riduwan.2010. Belajar Mudah Penelitian. Bandung. Alfabet

Margono. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta. Riner




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i3.275-286

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.