PENGEMBANGAN LINGKUNGAN BELAJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID ANIMASI 2D DAN 3D UNTUK SMK NEGERI 1 HARI TALANG KELAS XI MLD

Walla Andela, Adila Alfiriani, Anggri Yulio Pernanda

Abstract


Penggunaan media pembelajaran di sekolah tersebut masih belum maksimal dan penyajian bahan materi pembelajaran dalam bentuk Power Point serta belum adanya penyajian materi menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android yang menampilkan teks, gambar, video pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developtment (R&D) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Penelitian dan Pengembangan. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Hakky dan Uska menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dapat dilihat sebagai berikut : 1) Ahli materi diperoleh total skor 110,00 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan nilai 84,35% termasuk kategori “Sangat Layak”, serta respon siswa terhadap media pembelajaran menunjukkan respon positif dengan persentase > 70%.


Full Text:

PDF

References


arianato (2016). Pengembangan lingkungan belajar interaktif untuk mata pelajaran sensor dan aktuator kelas XI Paket Pengetahuan Teknik Otomasi Industri di SMK N 2 Depok. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Yogyakarta, 6(5), 397-404.

Nurhidayati., & Amri Muliawan Nur. (2021) Kabupaten Lombok Timur, Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Alokasi Akomodasi di Kecamatan Pancor. Jurnal Program Penelitian Sistem Informasi Universitas Hamzanwadi.https://dx.doi.org/10.29408/jit.v4i1.2989

Damanik, R., Silitonga, PD., & Ginting, W. (2020). Membangun aplikasi Android dengan basis data SQLite (J. Simarmata & T. Limbong (eds); bagian 1). Yayasan Penulisan Kami.

Budyastomo, AW (2020). Bangun aplikasi pengenalan matahari berbasis Android menggunakan Smart App Builder. Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 10(1), 1 – 10.

Nugrohadi, S. (2020). Pembuat aplikasi pintar. Persatuan Guru.

Hanafi (2017). Konsep penelitian R&D dalam pendidikan. Sains Islam; Jurnal Ilmu Pengetahuan Islam, 4(2), 129-150.https://www.researchgate.net/publication/335227473_Research_and_Development_RD_Inovasi_Produk_dalam_pembelian

Hakky, MK dan Uska, RHWMZ (2018). Pengembangan lingkungan belajar berbasis Android untuk siswa kelas X pada Sistem Operasi. PENDIDIKAN: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1),24-33.

Agus Ramdani dkk., (2020). Pengembangan lingkungan belajar berbasis Android di masa Pandemi Covid-19 untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Program Magister Pendidikan Sains Pascasarjana di Universitas Mataram.

https://ojs.ikimpataram.ac.id/index.php/jurnalkedinding/index

Fahrur Rozi, dkk., (2021) Mengembangkan lingkungan belajar untuk memperkenalkan bangunan ruang berbasis augmented reality pada mata pelajaran matematika. Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Bhineka PGRI Tulungagung Indonesia.

sugiono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Litbang (M.Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (ed); edisi ke-19). Alfabet, lanjutkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.781-788

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.