MANAJEMEN STRATEGIK KEPALA MADRASAH DALAM MENJALIN HUBUNGAN ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBAKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NIHAYATUL AMAL PURWASARI KARAWANG

Maziah Maziah, Acep Nurlaeli, Abdul Kosim

Abstract


Membangun komunikasi yang baik dan efektif di madrasah membutuhkan peran kepala madrasah, guru dan orang tua. Peneitian ini mengkaji manajemen strategis pengawas madrasah dalam menjalin hubungan kerjasama antara guru dengan orang tua siswa dan orang tua dalam pembinaan kepribadian siswa dan orang tua daam pembinaan kepribadian anak. Dengan orang tua siswa untuk mengembangkan kepribadian siswasangat penting. Pengembangan kepribadian siswa sangat penting. Strategi manajemen kepala madrasah dalam pengembangan karakter siswa merupakan salah satu sarana untuk menjalin komunikasi yang baik. Daam peneitian ini digunakan metode kuaitatif, dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru dan orang tua siswa Madrasah Aliyah Nihayatul Amal Purwasari Karawang. dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerjasama yang terjalin antara guru dan orang tua dalam mengembangkan kepribadian siswa, untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam menjalin dan menjaga hubungan kemitraan dengan guru dan orang tua. Selain itu untuk mendeteksi kendala karena keterbatasan waktu dan keterbatasan pengetahuan dan pemahaman orang tua dalam menjalin hubungan kerjasama. Strategi pimpinan Madrasah dalam menjalin kemitraan antara guru dan orang tua di Madrasah Nihayatul Amal Purwasari Karawang antara lain: Mengadakan rapat koordinasi pada awal dan akhir tahun ajaran. Memanggil orang tua siswa yang kurang mampu, Melaksanakan program dengan partisipasi orang tua siswa khususnya siswa.


Full Text:

PDF

References


Anisa, Izzatil, Widuri Monicha, and Retno Wulandari. 2022. “Pengelolaan Pembelajaran KB Itu Sangat Penting , Ini Berfungsi Menyusun Tujuan Pembelajaran Yang Diramcang Sebelumnya .

Selanjutnya Tujuan Dari.” Jurnal Multidisipliner 01(01):175–87.

Arianti. 2018. “Peranan GuruDalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa .” Jurnal Kependidikan 12, No 2:117–34.

Bunga, Tandi. 2017. “Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga 2017.” 1–26.

Handayani, Ilen Putri, and Hasrul Hasrul. 2021. “Analisis Kemitraan Guru Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMA.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 9(1):1–12. doi: 10.21831/jppfa.v9i1.42455.

Hariesa, Afrina, Syarwani Ahmad, and Achmad. Wahidy. 2021. “Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Orang Tua Murid Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):6773–80.

Kristiawan, M., and Rozalena. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2(1):76–86.

Maulinar. n.d. “KOMPETENSI GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA DALAM PROSESN PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA.” Administrasi Pendidikan 142–57.

Muhammad Abdul Ghofur. 2013. “KREDIBILITAS DAN OTENTITAS GURU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI DI SURABAYA .” 1, No 1:39–51.

Mukhtar. 2015. “The Principal’s Strategy in Improving Teacher Performance in State Junior High Schools in the Grand Mosque District of Aceh Besar Regency.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah 3(3):103–17.

Taufiqurokman. 2016. Manajemen Strategik.

Ubaidilla, Syafik, and Ahmad Masrukin. 2021. “Strategi Sekolah Dalam Membina Hubungan Dengan Orang Tua Siswa Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 2(3):259–66. doi: 10.33367/ijhass.v2i3.2411.

Weni, Titra. 2020. “Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda.” Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 16(2):89. doi: 10.35329/fkip.v16i2.1765.

Wulan Vitasary. n.d. “Komunikasi Guru Dengan Siswa .”




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.670-681

Article Metrics

Abstract view : 654 times
PDF - 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.