INKLUSIVITAS SEKOLAH MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MULTIBUDAYA DAN KULTURAL (DI SMA BUDI MULIA TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG)

Sidik Maulana Bahtiar, Acep Nurlaeli, Abdul Kosim

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah rasa kekhawatiran kepada setiap peserta didik yang berasal dari latar belakang yang berbeda bahkan peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus sering kali harus menghadapi kesusahan dalam memperoleh pendidikan yang setara dan inklusif, bukan hanya itu karena adanya ketidak pahaman dan kurangnya toleransi akan perbedaan budaya pun membuat kekhawatiran tersendiri bagi siswa, dan orang tua. Menyadari akan pentinya pendidikan inklusif sebagai pondasi karakter yang toleran akan perbedaan maka penerapan Manajemen Pendidikan Islam berbasis multibudaya dan kultural sangat dibutuhkan oleh setiap lembaga pendidikan dikarenakan hal tersebut merupakan pondasi yang kokoh dalam membangun lingkungan pembelajaran yang inklusif dan dapat menghormati serta menghargai keberagaman yang berguna untuk sekarang dan masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara triangulasi dimana peneliti melakukan observasi turun kelapangan, lalu melakukan wawancara dengan beberapa narasumber sebagai validasi terkait fakta yang ada dan dokumentasi sebagai bukti penunjang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Inklusivitas Sekolah melalui penerapan Manajemen Pendidikan islam berbasis Multibudaya dan kultural di SMA Budi Mulia Telukjambe Karawang melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pengimplementasian dan pengkontrolan secara garis besar semuanya sudah cukup baik meskipun masih ditemukan sikap kurang toleransi kepada sesama teman yang berasal dari budaya yang berbeda, oleh karena itu pentinngya penerapan pendidikan islam yang inklusif pada setiap sekolah agar dapat melahirkan generasi yang memiliki karakter inklusif, toleran dan dapat menghargai segala perbedaan serta siap menghadapi tantangan zaman.


Keywords


Inklusivitas sekolah, manajemen pendidikan islam, multibudaya

Full Text:

PDF

References


Akhmad, S. (2018). Definisi Pendidikan Menurut UU NO. 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas. Retrieved from http://akmadsudrajat.wordpress.com

Anwar, H. (2016). Pendidikan Multikultural (Tinjauan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Pesantren dan Madrasah). Irfani, 12(1), 54–68.

Bahtiar maulana sidik. (2023). BUDAYA ORGANISASI BERBASIS MULTI BUDAYA DAN, 6.

Daheri, M., Zulkifli, Z., Deiniatur, M., Rais, R., & Muhammadiah, M. (2022). Konfigurasi Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Inteligences Sebagai Desain Pembelajaran Di Era Inovasi Disruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5136–5145. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7463

Drs. Habudin, M.Pd & Imas Mastoah, M. P. (2019). pemberdayaan pendidikan inklusif pada madrasah ibtidaiyah dan tsanawiyah provinsi Banten 2019. Banten: Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah Lembga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarat (LP2M).

Efa, W., & Sutama, M. P. (2018). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di SD Al-Azhar Syifa Budi Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69180%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/69180/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Fathurrahman, Kumalasari, D., Susanto, H., Nurholipah, & Saliman. (2022). Implementasi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 13038–13044.

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Halimah, D. D. K. dan. (2008). Seluk Beluk profesi Guru (2nd ed.). bandung: PT. Pribumi Mekar.

Haryanti, T. A. (2009). ISLAM DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Tri Astutik Haryati. Tadris, 4(2), 155–171.

Hidayat, T. (2022). Taufik Hidayat_NIM.

Hurotul’Aini, W. (2022). Penerapan Pendidikan Multikultural di SMP Nahdlatuth Thalabah (Yasinat) Kesilir Wuluhan Jember. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 176–182. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU/article/view/47796

Magdalena, I., Septina, Y., Az-zahra, R., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 278–287.

Mashuri, S. (2021). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Daerah Pasca Konflik. Pendidikan Multikultural, 5(1), 79. https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10321

MISTRIYANTI. (2013). PAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN UCAPAN “TOMAT” (TOLONG, MAAF, DAN TERIMAKASIH) PADA SISWA PAUD ANAK SHOLEH KELOMPOK B SEMESTER GENAP KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Retrieved from https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4522

Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409

Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 1–11.

Pratama, L. R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter PAUD. Jambura Early Childhood Education Journal (Vol. 4). jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1125

Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1616

Riau, D. P. P. (2018). peran guru menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Retrieved from https://disdik.riau.go.id/home/berita/1954-peran-guru-menghasilkan-pendidikan-yang-berkualitas

Rida Mudasir, S. P. . (2021). SEBAIK BAIK MANUSIA. Retrieved from https://smpislamkreatifmuhammadiyah.sch.id/read/233/sebaik-baik-manusia

Romera, E. M., Gómez-Ortiz, O., & Ortega-Ruiz, R. (2016). The mediating role of psychological adjustment between peer victimization and social adjustment in adolescence. Frontiers in Psychology, 7(NOV). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01749

Rose, C. A., & Gage, N. A. (2017). Exploring the Involvement of Bullying Among Students With Disabilities Over Time. Exceptional Children, 83(3), 298–314. https://doi.org/10.1177/0014402916667587

Semarang, U. N., Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak, 415–417. Retrieved from http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/412

Sholihin, M. F., Saputri Tini Hakim, M., & Zaenul Fitri, A. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 168–184. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8036

Sugiono. (2014). Metode penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, U. (2018). Sosialisasi Zakat Untuk Menciptakan Kesadaran Berzakat Umat Islam. Jurnal Masyarakat Dan Filantropi Islam, 1(1), 17–20. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/jmfi/article/view/19201




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.628-646

Article Metrics

Abstract view : 996 times
PDF - 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.