SISWA TERMOTIVASI OLEH KREATIVITAS GURU DALAM BELAJAR
Abstract
Artikel ini membahas mengenai kreativitas guru dan motivasi belajar siswa. Belajar adalah proses mengubah pengetahuan, pemahaman, sikap, perilaku, dan keterampilan. Untuk belajar, siswa membutuhkan motivasi atau dukungan internal dan eksternal. Belajar dengan topik sederhana dan mudah. Proses pembelajarannya sangat menarik. Kreativitas guru merupakan salah satu pendorong motivasi belajar. Guru kreatif dapat mengembangkan keterampilan mereka, ide-ide baru dan metode pengajaran baru. Pembinaan kreativitas guru sangat penting bagi kedua pengelola sekolah karena mereka berusaha untuk mengontrol, memajukan dan mengembangkan, memajukan dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Cari aplikasi untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan metode pengajaran. Kreativitas guru dapat tercermin dalam metode kreatif desain kurikulum dan penggunaan bahan ajar. Teknik motivasi yang dapat digunakan guru meliputi skor, penghargaan, kompetisi, pengurangan, tes, pengetahuan hasil, pujian, hukuman, niat belajar yang diakui, minat, dan tujuan.
Kata Kunci: kreativitas, motivasi, siswa
Full Text:
PDFReferences
Ali Manizard. (2015). Peran guru sebagai motivasi belajar, Jurnal Tadrib, Band 1, Nr. 2. Desember 2015,
Handoko Hani T. (2009), Manajemen, Yogyakarta, BPFE.
Oktavia Yati. (2014). Kepala sekolah mendorong upaya kreatif guru dalam mengajar di sekolah dasar. Bahan ajar dan administrasi. Majalah Manajemen Pendidikan. Jilid 2, 1 Juni 2014.
Rusman. (2015).Pembelajaran mata pelajaran yang komprehensif, teori, praktek dan evaluasi. Jakarta.
Grand Slemito. (2010). Faktor dan pengaruh belajar. Jakarta.
Rineka Chipta Sulistorini dan Faturrohman M. (2016). Esensi manajemen pendidikan Islam: manajemen lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Yogyakarta.
Susanto Ahmad.(2016). Pembelajaran dan teori kognitif di SD.Jakarta.Kencana. Suyono dan Haryanto.. Belajar Mengajar: Teori dan Konsep Dasar.menghina. PT.
Sun Haji. (2008). manajemen sekolah Islam. Yogyakarta. Grando dan Purwokerto. STAIN Press
Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Syafaruddin dan Nasution Irvan. (2005). Manajemen pembelajaran.Sipta. PT. Ciputat Press Talajan, Guntur. 2012. Meningkatkan kreativitas dan prestasi akademik. Yogyakarta. Pers Laxbon.
Uno Hamzah B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta, tanah yang sebenarnya
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i3.535-543
Article Metrics
Abstract view : 383 timesPDF - 229 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.