ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM UJIAN SEKOLAH APLIKASI E-XAM CARAKA PADA SMK NEGERI 3 SOLOK SELATAN MENGGUNAKAN METODE PIECES

Hamdani A, Ade Pratama, Mourend Devegi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap Performance (kinerja), Information and data (Data dan Informasi), Ekonomic (Nilai Ekonomis), Control and Security (Keamanan), Efficiency (Efesien), Service (Pelayanan). dari aplikasi  E-xam Caraka pada SMK Negeri 3 Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey, Berdasarkan jenis data yang diperoleh, penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif karena data yang diperoleh berupa angka-angka, sampel penelitian sebanyak 30 orang, teknik pengambilan sampel yaitu stratified randam sampling dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner, serta pengujian data menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian Analisis Kerangka kerja Pieces adalah nilai rata-rata Peformance (Kinerja) 3,43 ketegori Sangat Puas, nilai rata-rata Information and Data  (Data dan Informasi) 3,41 ketegori Sangat Puas, nilai rata-rata Ekonomic (Ekonomi) 3,48 ketegori Sangat Puas, nilai rata-rata Control and Security (Keamanan) 3,38 Persepsi Sangat Puas dengan ketegori Sangat Setuju, nilai rata-rata Efficiency (Efesien) 3,31 ketegori Sangat Puas, dan nilai rata-rata Service (Pelayanan) 3,43 ketegori Sangat Puas.


Keywords


E-xam Caraka, Kepuasan Pengguna, PIECES

Full Text:

PDF

References


Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.

Astuti, R. D., Hasanuddin, & Hudain, M. A. (2019). Survei daya tahan VO2max pada atlet karate lemkari Sulawesi Selatan. Fik Unm, 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/222783618.pdf

Edi,R.(2016). Statistika penelitian(analisis manual dan IBM SPSS) (T. A. Probawati (ed.)). CV.Andi offset.

Fanani, I., Djati, S. P., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organisasi terhadap organizational citizenship bahavior (OCB) (Studi kasus RSU UKI). Fundamental Management Journal, 1(1), 46.

Green, P., Dan, M., Image, B., Kasus, S., Followers, P., & Twitter, A. (2020). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP INDONESIA (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.35968/m-pu.v10i1.371

Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik.

Mumun, syabian, Elly, R. (2021). Statistik penelitian (mei 2021). Informatika Bandung.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Putri, N. K. A., & Indriyanti, A. D. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 2(2), 78–84. https://siakadu.unesa.ac.id

Rahman, A. (2019). Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Pt Yudha Swalayan Jakarta.

Sari, A. P., & Syamsuddin, M. A. (2018). Analisis Faktor End User Computing Satisfaction Terhadap Kepuasan Pengguna: Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Madya Balikpapan. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 1(2), 92–101. https://doi.org/10.31092/jpi.v1i2.196

Septiani, Y., Arribe, E., & Diansyah, R. (2020). ( Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru ). 3(1), 131–143.

Setiawan, E., 1, & Antoni, Darius2Mirza, A. H. (2019). Analisis penerimaan sistem ujian online berbayar dengan menggunakan metode technology acceptance model(Tam) dan webqual.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (HJIMB), 02(01), 71–75. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

Sugiono. (2017). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Syaifudin. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.

Wijaya, H. O. L. (2018). Implementasi Metode Pieces Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(1), 46–55. https://doi.org/10.32767/jusim.v3i1.289

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas intrumen penelitian kuantitatif. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i3.505-518

Article Metrics

Abstract view : 559 times
PDF - 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.