Penambahan Putih Telur Pada Mineral Blok Dengan Level Yang Berbeda Terhadap Respons Fisiologis Domba LokalJantan Lepas Sapih

Jungjungan Jungjungan, Aisyah Nurmi, Mukhlis Hasibuan

Abstract


Keberhasilan peningkatan populasi domba salah satunya dipengaruhi oleh faktor pakan.  Pakan yang umum  diberikan berupa hijauan, tetapi pada saat hijauan berkurang maka perlu dilakukan pengolahan pakan yang bermutu dan mempunyai harga yang tidak terlalu mahal serta dilakukan penambahan makanan yang bernilai tinggi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan putih telur pada mineral blok dengan level yang berbeda terhadap respons fisiologis domba lokal jantan lepas sapih.  Penelitian ini menggunakan empat ekor domba lokal jantan lepas sapih, dengan empat perlakuan, empat periode.Perlakuan yang diujikan adalah :

P0 (Mineral Blok tanpa putih telur), P1 (Mineral Blok dengan 2% Putih Telur), P2 (Mineral Blok dengan 4% Putih Telur), P3 (Mineral Blok dengan 6% Putih Telur).Rancangan yang digunakan adalah rancangan bujur sangkar latin (RBSL).  Parameter yang diamati adalah respons fisiologis domba lokal jantan lepas sapih (suhu rektal, laju respirasi, laju denyut jantung).

Suplementasi mineral blok dengan penambahan putih telur cukup baik dalam pertumbuhan dan perkembangan domba tersebut, tetapi dalam proses respirasinya kurang baik karena belum mengetahui kecocokan pemberian mineral blok dengan suhu lingkungan dalam pemberian mineral blok sesuai levelnya.


References


Abi Wisam M.R. 2007. Pengenalan Jenis-jenis Domba, Usaha Penggemukan Domba, Penerbit CV. Sinar Cemerlang Abadi. Jakarta.

Abi Wisam M.R. 2007. Aspek Lingkungan Hidup dan Sosial Budaya, Usaha Penggemukan Domba, Penerbit CV. Sinar Cemerlang Abadi. Jakarta.

Haidary. 2004. PhysiologicalResponsesof Naimey Sheep to Heat StressCallenge under Semi-Arid Environmets. International of Agriculture & Biology. 06: 307-309.

Kartasudjana, R. 2001. Teknik budidaya ternak. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Rukmana.2007.Kebutuhan zat gizi makanan untuk ternak domba,Penerbit aneka ilmu. Demak km 8,5 Semarang.

Sudarmono dan Sugeng B. 2011. Defenisi Pertumbuhan dan perkembangan ternak domba, Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudarmono dan Sugeng B. 2011. Nutrisi dan teknik pemberian pakanternak domba, Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudarmono dan Sugeng B. 2011. Bahan pakan ternak domba,Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v1i2.244

Article Metrics

Abstract view : 628 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 521 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.