Penambahan Putih Telur Pada Mineral Blok Dengan Level Yang Berbeda Terhadap Performans Domba Lokal Jantan Lepas Sapih

Aziz Husein Rangkuti

Abstract


Mineral blok merupakan pakan yang non-konvensional bagi domba yang didalamnya terdapat berbagai macam bahan pakan yang di kemas dalam cetakan.  Domba lokal merupakan salah satu jenis ternak penghasil daging di Indonesia yang memiliki keunggulan, diantaranya adalah mudah pemeliharaannya, cepat berkembangbiak dan memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam di Indonesia.

       Penelitian ini dilaksanakan Kandang Aneka Ternak Mix Farming Experience (MFE) Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Padangsidimpuan pada Februari-April 2017.  Sampel penelitian ini sebanyak empat ekor dengan kode dan bobot awal sebagai berikut: D1= (26 kg), D2= (26 kg), D3= (25 kg) dan D4 (17 kg).

       Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) 4x4. Rancangan dengan Empat macam perlakuan  mineral blok pada level yang berbeda, tanpa putih telur (P0), pemberian 2% putih telur (P1), pemberian 4% putih telur (P2) dan pemberian putih telur 6 % (P3).Variabel penelitian ini berupa konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan (kg/hari).

       Hasil penelitian ini adalah penambahan putih telur pada mineral blok dengan level mulai tanpa perlakuan (P0), 2% (P1), 4% (P2) dan 6%(P3) memberikan dampak yang berpengaruh pada konsumsi rumput domba lokal jantan lepas sapih, akan tetapi pada dalam empat perlakuan yang yang cocok diberikan yaitu perlakuan P2 (4%), di karenakan lebih di sukai ternak domba lokal lepas sapih. Saran pada penelitian ini adalah penambahan putih telur pada mineral blok sebaiknya pada batas 4% saja, karena lebih dominan meningkatkan konsumsi pada pertumbuhan bobot badan domba.


References


Direktorat Gizi Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhratara, Jakarta

Hardianto, R. 2003. Proses Perakitan dan Pengembangan Teknologi Pakan Lengkap (Complete Feed) Untuk Mendukung Agribisnis Ternak Domba. Buletin Teknologi dan Informasi Pertanian. 6: 67-80.

Hartadi, H., S. Reksohadiprodjo & A. D. Tillman. 1993. Tabel Komposisi Pakan Untuk Indonesia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Komala, I. 2008. Kandungan Gizi Produk Peternakan. Student Master animal Science, Fac. Agriculture-UPM

Murtidjo. 2010. Memelihara Domba. Penerbit Kanisius. Yogyakarta. 2010.

National Research Council. 2006. Nutrient Requirements of Small Ruminants (Sheep, Goats, Cervids, and New World Camelids). National Academic Press. Washington, D.C.

Steel, R, G. D., dan G, H. Torrie. 2003. Prinsip dan Prosedur Statistika. Terjemahan PT. Gramedia. Jakarta.

Sudarmono dan Y.Bambang Sugeng. 2008. Bahan Pakan Ternak Domba, Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudaryani T. 2006. Kualitas Telur. Jakarta: Penebar Swadaya




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v1i1.207

Article Metrics

Abstract view : 1521 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 3835 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.