STRATEGI PENGEMBANGAN TERNAK KERBAU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Muhammad Hakim, Ardi Novra

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan ternak kerbau berbasis kearifan lokal di Kabupaten Musi Rawas Utara. Pada penelitian ini menggunakan metode survey. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. analisis SWOT untuk menentukan pilihan strategi dan analisis deskriptif untuk mengidentifikasi kearifan lokal yang potensial untuk diintroduksi dalam strategi pengembangan ternak kerbau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model aksi kolektif yang secara tradisional sudah berkembang dalam pemeliharaan ternak kerbau seperti piket bergilir dan pemeliharaan pada suatu kandang kelompok dapat dijadikan landasan dalam mendorong perbaikan sistem dan pengendalian perkawinan ternak kerbau, serta dalam menjamin keamanan ternak kerbau dari pencurian dan konflik sosial akibat terganggunya komoditas pertanian lainnya terutama pangan (sawah). Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan ternak kerbau berbasis  kearifan lokal dapat dilakukan dengan pendekatan aksi kolektif secara tradisional seperti kandang berkelompok dan sistem piket bergilir merupakan kearifan lokal yang dapat mendukung pelaksanaan strategi pengembangan ternak kerbau.


Keywords


ternak kerbau, kearifan lokal,aksi kolektif, piket bergilir

Full Text:

PDF

References


Akhmar dan Syarifuddin, 2007. Mengungkap Kearifan Lingkungan Sulawesi Selatan, PPLH Regional Sulawesi, Maluku dan Papua, Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI dan Masagena Press, Makasar.

Badan Pusat Statistik, 2015. Musi Rawas Utara Dalam Angka, Kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Musi Rawas Utara dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Musi Rawas Muratara.

Direktorat Jenderal Peternakan, 1998. Kajian Pola Pengembangan Peternakan Rakyat Berwawasan Agribisnis. Lembaga Penelitian Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Jamal, H. 2007.Strategi Pengembangan Ternak Kerbau di Provinsi Jambi. Prosiding Seminar dan Lokakarya Ternak Kerbau, Jambi 22-23 Juni 2007, hal 12-15.

Kaslan, A.T. 1983. Seuntai Pengetahuan Tentang Usaha Tani di Indonesia, Bagian Kedua.

Bharata Karya Aksara. Jakarta.

Males, W. 2009. Strategi Pencapaian Swasembada Daging Sapi Melalui Penanganan Gangguan Reproduksi dan Pemanfaatan Limbah Pertanian.Econ. Rev. 217 : 56-67.

Mardikanto. 1992. Penyuluhan Pembangunan Pertanian, Acuan Untuk Pelajar, Mahasiswa, Dosen, Penyuluh, Pekerja Sosial, Penetu Kebijakan dan Peminat Ilmu/Kegiatan Penyuluhan Pembangunan. Surakarta: Sebelas Maret Universitas Press.

Sidu.D, 2002. Perilaku Masyarakat Tani dalam Konservasi Tanah dan Air di Kawasan DAS Wirongo Kabupaten Sleman. Tesis program Pasca Sarjana UGM, Jogjakarta.

Soeharno, B. dan Nazaruddin. 1994. Ternak Komersil. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jac.v4i2.1845

Article Metrics

Abstract view : 1214 times
PDF - 954 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Raja Inal Siregar, Tanggal, Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Tel / fax : (0634) 21696 email : jurnal.peternakan@um-tapsel.ac.id
issn  Cetak  : 2548-3129    issn  Online : 2599-1736

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.