NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol 11, No 1 (2024)

ANALISIS PERSONAL BRANDING AKUN @SASHFIR DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Diana Amalia, Ghina Safira Dini, Nabila Aliefia Azzahra, Nadya Rizqillah Marsha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis personal branding pada akun Instagram @shasfir. Personal branding adalah konsep penting dalam dunia media sosial, yang memungkinkan individu membangun citra mereka sendiri secara online. Dalam penelitian ini kami menganalisis akun Instagram @shasfir yang dikenal sebagai influencer di media sosial. Kami menggunakan analisis konten dan metode observasi visual untuk memahami bagaimana @shasfir membangun citra pribadinya di platform Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @shasfir menggunakan berbagai elemen seperti gaya pakaian, topik konten, filter foto, caption, dan interaksi dengan pengikutnya untuk membentuk citra diri yang konsisten dan menarik. Selain itu, ia juga memiliki penonton yang terlibat dan setia. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi personal branding yang efektif di media sosial dan bagaimana influencer seperti @shasfir mengelola citra mereka untuk memengaruhi dan melibatkan audiens mereka.