NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol 10, No 7 (2023)

PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BUKALAPAK DI KOTA BATAM

Ayu Gita Oktaviani, David Humala Sitorus

Abstract


Bukalapak merupakan salah satu situs e-commerce di Indonesia serta merupakan salah satu model bisnis marketplace online. Layanan Bukalapak dari pertama kemunculanya dapat di gunakan secara gratis lewat aplikasi di tahun 2010. Namun saat ini semakin banyaknya aplikasi yang serupa membuat Bukalapak kian redup dari pandangan akibat para kompetitornya dan pengunjung Bukalapak kian menurun. Angka kunjungan pada aplikasi yang tiap tahunnya berkurang membuat Bukalapak kian meredup dari dunia e-commerce di Indonesia, dari angka 116 juta dalam kurun waktu 5 tahun turun menjadi 17,1 juta yang artinya Bukalapak telah kehilangan pengunjung sebanyak 98,9 juta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kepercayaan dan promosi terhadap minat beli konsumen Bukalapak di kota Batam. Metode penelitian yang digunakan yaitu Kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif secara parsial terhadap minat beli, variabel kepercayaan berpengaruh positif secara parsial terhadap minat beli dan variabel promosi berpengaruh positif secara parsial terhadap minat beli.