KOMUNIKASI RITUAL PADA TRADISI DOMYAK DI DESA PASIRANGIN KECAMATAN DARANGDAN KABUPATEN PURWAKARTA (Kajian Etnografi Komunikasi Dell Hymes)

Farizal Taufiqqurahman, Eka Yusup, Ana Fitriana Poerana

Abstract


Penelitian ini membahas tentang komunikasi ritual dalam tradisi seni domyak di desa Pasirangin, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Seni domyak ini dilakukan ketika ada pengusaha perkebunan teh yang meminta melakukan ritual, yang tujuan ritual ini adalah untuk meminta hujan kepada sang pencipta, namun tidak semata-mata ritual ini hanya dilakukan untuk meminta hujan saja, fungsi lain dari seni domyak ini juga sebagai hiburan, terkadang juga diminta untuk mengisi acara  sukuran, khitanan, ataupun ruwatan setiap panen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peristiwa komunikatif dalam komponen komunikasi yang terdapat pada ritual seni domyak seperti, Setting / Scene, Partisipant, Ends, Act Sequence, Keys, Instrument, Norms, dan Genre. Etnografi komunikasi the SPEAKING model (Setting / Scene, Partisipant, Ends, Act Sequence, Keys, Instrument, Norms, dan Genre) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini dan teori interaksi simbolik melengkapi penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu komponen komunikasi seperti: Setting / Scene, Partisipant, Ends, Act Sequence, Keys, Instrument, Norms, dan Genre sebagai elemen yang membentuk peristiwa komunikatif dalam ritual seni domyak, lalu tahapan pada ritual seni domyak adalah proses komunikasi yang berkelanjutan dengan maksud untuk mencapai tujuan dari ritual ini, dan tujuan ritual ini adalah meminta hujan kepada sang pencipta.


Keywords


Ritual, Etnografi Komunikasi, Domyak

Full Text:

PDF

References


Arifa, R. (2013). Penyajian Seni Domyak Pada Grup Sinar Pusaka Muda Kabupaten Purwakarta (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kuswarno, Engkus, Etnografi Komunikasi: Pengantar dan Contoh Penelitiannya, Penerbit: Bandung Widya Padjadjaran, 2011).

James P. Spradley, Metode Etnografi (The Etnographic Interview), Yogyakarta: (PT. Tiara Wacana, 1997).

Khakamulloh, M., Mayasari, M., & Yusup, E. (2020). Analisis pola komunikasi budaya ngopi di komunitas Karawang Menyeduh. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 96-116.

Nana Syaidih Sukmadinata, MetodePenelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007), 60-61.

Nurlaila, Komunikasi Ritual Pada Tradisi Nadran Di Situ Cisanti (Studi Etnografi Komunikasi Ritual Pada Tradisi Nadran Di Situ Cisanti). Diss. Universitas Bina Sarana Informatika Bandung, 2019.

Ramadhan, F., Mayasari, M., & Poerana, A. F. (2022). PAGUYUBAN PENGUSAHA WARGA KUNINGAN (PPWK) SEBAGAI PELOPOR WARUNG KOPI (Studi Etnografi Komunikasi Paguyuban Pengusaha Warga Kuningan di Desa Puseurjaya, Kabupaten Karawang). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1919-1923.

West, Richard & Lynn Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta : Salemba Humanika




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i2.2023.544-550

Article Metrics

Abstract view : 1239 times
PDF - 723 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.