FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS ORGANISASI SEKRETARIAT KPU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014

M Arif Almanar, Ria Ariany, Aidinil Zetra

Abstract


Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi Sekretariat KPU Kabupaten Kepulauan Meranti pada pelaksanaan tahapan dan kegiatan Pemilu Legislatif Tahun 2014. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori yang dikemukan oleh Steers tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, situasi pergantian ataupun kekosongan komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Meranti pada saat pelaksanaan tahapan dan kegiatan Pemilu Legislatif Tahun 2014 dapat diatasi oleh Sekretariat KPU Kabupaten Kepulauan Meranti dengan memanfaatkan faktor karakteristik organisasi yang solid, karakteristik lingkungan yang kondusif di dalam Sekretariat, karakteristik pekerja yang mempunyai pengalaman dalam dunia organisasi, serta penerapan praktek manajemen organisasi melalui kedekatan secara emosional yang menimbulkan kerja sama dan tanggung jawab didalam organisasi Sekretariat sehingga seluruh tahapan dan kegiatan Pemilu Legislatif Tahun 2014 terlaksana dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

 

Kata kunci : Efektivitas Organisasi, Sekretariat KPU Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Pemilu Legislatif Tahun 2014.


Full Text:

PDF

References


Andrew Ellis, et al., Engaging the Electorate Inhabitants to Promote Voter Turnout from Around the World, (Stockholm: International IDEA, 2006).

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Cresweel, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. Penerjemah: Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Etzioni, Amitai. 1982. Organisasi-Organisasi Modern, Alih bahasa oleh Suryatim. Jakarta: Universias Indonesia dan Pustaka Brajaguna.

Fachrudin Lauma (2015), Kualitas KPU Kota Manado Sebagai Penyelenggara Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Manado Tahun 2015, Jornal Polico: Ilmu Politik, Vol, 6, No.1, UNSRAT.

Gibson, et al, 1995. Organisasi dan Manajemen, Edisi ke empat, Jakarta : Erlangga,

Hardjito, Dydiet. (2001). Teori Organisasi dan Teknik Pengorganisasian. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

J. Salusu. 2006. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Grasindo. Jakarta.

Moleong, Lexy.(2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Siagian, Sondang P., 1995. Teori Perkembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Steers, M Richard. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, , Bandung: Alfabeta.

Surbakti, Ramlan, dkk.2011. Menjaga Integritas Pemungutan dan Penghitungan Suara, Seri Demokrasi Elektoral:Buku 13. Jakarta: Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.

Surbakti, Ramlan, Kris Nugroho. 2015. Studi Desain Kelembagaan Pemilu yang Efektif. Jakarta: Kemitraan bagi Pembaharuan Tata Pemerintahan Indonesia.

Yuniarsih Tjutju dan Suwatno. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Perundang-undangan:

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum

Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2012 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 06 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi, Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota.

Website :

https://mediaindonesia.com/read/detail/213869-jelang-pemilu-2019-komisioner-kpu-ntt-masih-kosong




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i2.2019.253-266

Article Metrics

Abstract view : 3353 times
PDF - 1724 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.