FRAMING PEMBERITAAN NON-FUNGIBLE TOKEN GHOZALI EVERYDAY DI CNNINDONESIA.COM DAN MERDEKA.COM

Adhitya Pratama Safe'i, Mayasari Mayasari, Muhammad Ramdhani

Abstract


Seorang pemuda bernama Sultan Gustaf Al Ghozali menjadi sorotan media pada bulan Januari 2022 ketika swafoto dirinya terjual dengan harga miliaran rupiah. Ghozali menggungah koleksi foto-foto dirinya dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT) yang dinamakan “Ghozal Everyday” pada platform lokapasar Opensea.io. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pembingkaian pada CNNindonesia.com dan Merdeka.com terkait pemberitaan Non-Fungible Token Ghozali everyday. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki. Untuk menemukan jawaban penelitian ini, digunakan empat elemen framing Pan dan Kosicki, yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian menunjukan CNN Indonesia menyampaikan informasi sesuai dengan fakta dan data yang tersedia tanpa menggiring pembaca dan membiarkan pembaca untuk melakukan pembentukan pandangan sendiri terhadap peristiwa yang di informasikannya. Sedangkan Merdeka.com membentuk berita membingkai pemberitaan yang mendorong pembaca untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai peluang investasi yang memanfaatkan teknologi NFT atau kripto seperti yang dicontohkan dengan kesukesan Ghozali dalam dunia digital, Hal ini dapat dilihat dari bagaimana penulis Merdeka.com membentuk berita terkait pemberitaan NFT Ghozali Everyday.

Keywords


Framing Analysis; Ghozali Everyday; Online Media

Full Text:

PDF

References


Bungin. (2006). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Dikursus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

CNN Indonesia. (2022). Awalnya Lucu-lucuan, Ghozali Tak Sangka Raup Cuan Rp1,5 M dari NFT. Diunduh di https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220114145950-185-746707/awalnya-lucu-lucuan-ghozali-tak-sangka-raup-cuan-rp15-m-dari-nft%0D%0A /tanggal 29 juli

Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LkiS.

Fortnow, M., & Terry, Q. (2021). The NFT handbook : how to create, sell and buy non-fungible tokens.

Naqqiyah, M. S. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Media Online CNN Indonesia.com dan Tirto.id Mengenai Kasus Pandemi Covid-19. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 3(01), 18–27. https://doi.org/10.33367/kpi.v3i01.1483

Rusadi Putra, I. (2022). Awal Kisah Sultan Ghozali Bisa Raup Rp1,5 Miliar Jual Foto Selfie di NFT. Diunduh di https://www.merdeka.com/uang/awal-kisah-sultan-ghozali-bisa-raup-rp15-miliar-jual-foto-selfie-di-nft.html / tanggal 29 juli

Sobur, Alex. (2015). Analisis teks media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3610-3616

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.