PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN WISATA SAWAH UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA PEMATANG JOHAR DELI SERDANG.

Abdullah Fikri Sholehuddin Sn

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Wisata Sawah, dan (2) Pengaruh partispasi masyarakat dalam Pengelolaan Wisata Sawah terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Dusun VI Rawa Badak Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata sawah ditunjukkan dengan diikutkannya masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan memelihara, dan mengembangkan wisata sawah, (2) Pengaruh partisipasi masyarakat dalam Pengelolaan Wisata Sawah terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari bertambahnya penghasilan keluarga. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ekonomi warga jika dibandingkan sebelum aktif berpartisipasi di wisata sawah dengan setelah ikut berpartisipasi di wisata sawah. Masyarakat sangat merasa terbantu ekonomi keluarganya dengan ikut berpartisipasi di wisata sawah ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata sawah dan berpengaruh dalam peningkatan ekonomi masyarakat Dusun VI Rawa Badak Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.  


Keywords


Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan, Wisata Sawah, Ekonomi Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Arifin, S, & Hilman Y. A,). Analisis Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengembangan Desa Wisata “Bukit Sebran” Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, 06(01), 36–49. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jipp/article/view/YAHSA

Daldjoeni, N. (1998). Geografi Kota dan iDesa. Bandung: Penerbit Alumni ITB.

Ditjenpar. i199. iKonsep iAwal iPariwisata iInti iRakyat. iJakarta: iDepparsenibud.

Dwiningrum, S.I.A. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hoque, A., Shikha, F.A., Hasanat, M.W., Arif, I. and Hamid, A.B.A., (2020). The Effect of Coronavirus (COVID-19) in the Tourism Industry in China. Asian Journal of Multidisciplinary Studies, 3(1): 1-7.

Ida, B. S., & I ,P H. (2015). Pengembangan Potensi Echo Beach Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Canggu. Jurnal Destinasi Pariwisata , Vol.01.

Ira, W. S., & Muhamad, M. (2020). Partisipasi Masyarakat pada Penerapan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan (Studi Kasus Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Magelang). Jurnal Pariwisata Terapan, 3(2), 124. https://doi.org/10.22146/jpt.43802

Inskeep dan Gunn. (1994). Perencanaan Pariwisata. Jakarta: PT. Gramedia.

Kriska, Mesalia; Andiani, Riesma; Simbolon, Theresia Grace Yunindi. Partisipasi Masyarakat Dalam Community Based Tourism Di Desa Wisata Puton Watu Ngelak Kabupaten Bantul. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (J-Sep), [S.L.], V. 12, N. 1, P. 11-18, Mar. (2019). Issn 2356-2382. .https://doi.org/10.19184/jsep.v12i1.9606

Mardikanto, T. dan Soebiato, P. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Miswanto dan Safaat, M. (2018). Dampak Pembangunan Industri Pariwisata Terhadap Alih Fungsi Lahan (Studi Tentang kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Desa teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan kepulauan Riau. Jurnal Antropologi, 20(1), 45-55.

Rifqy Widayuni. (2019). Skripsi : Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. 123.

Suryo Sakti Hadiwijoyo,. (2012). Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha iIlmu.

Wresniwiro. (2012). Membangun Republlik Desa. Jakarta: Visimedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3568-3577

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.