STRATEGI KOMUNIKASI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KARAWANG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT

Syahla Zera Prasetyo, Ana Fitriana Poerana, Muhammad Ramdhani

Abstract


Dalam penelitian ini memiliki tujuan agar bisa memahami serta memberikan deskripsi cara komunikasi yang dijalankan oleh dinas arsip dan perpustakaan  dari Kabupaten Karawang dengan menggunakan media sosial yakni Instagram untuk membagikan beberapa informasi terhadap masyarakat. Dimana yang diteliti ini mempergunakan metode secara kualitatif yang pendekatannya adalah deskriptif, mengumpulkan data dilaksanakan dengan observasi, kemudian wawancara, serta melalui dokumentasi. Kemudian beberapa informan dari penelitian diantaranya yakni tiga orang pegawai dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Karawang. Hasil yang diteliti ini menemukan jika di strategi komunikasi yang dilaksanakan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Karawang dalam kegiatan membagikan beberapa informasi terhadap masyarakat supaya masyarakat dapat mengetahui kegiatan-kegiatan dan memanfaatkan layanan atau informasi tersebut. Strategi komunikasi ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas pelayanan informasi yang dibagikan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Karawang untuk masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Karawang.


Keywords


Strategi Komunikasi, Layanan Informasi, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Karawang, @perpuskabkarawang.

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2022). Perencanaan & Strategi Komunikasi (Cetakan ke). Rajagrafindo Persada.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Cetakan Ke). PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatf. dan RnD (Cetakan Ke). Alfabeta.

Hidayat, T., Romadhan, M., & Ekoputra, W. (1945). Strategi Komunikasi Dinkominfo Kota Surabaya Masyarakat Melalui Akun Instragram.

Listianingrum, R., Fitriana Poerana, A., & A. Arindawati, W. (2021). Strategi Komunikasi Melalui Media Instagram Dalam Memberikan Informasi Kepada Mahasiswa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1309

Mayrisa Anggun Utami, Martha Tri Lestari, B. P. S. P. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Smb Telkom University Tahun 2015 / 2016 Melalui Media Sosial Instagram Mayrisa Anggun Utami , Martha Tri Lestari , Berlian Primadani Satria Putri Program Studi S1 Ilmu Komunikasi , Fakultas Komunikasi dan Bisnis , Universitas.

Nurhayati, Poerana Ana Fitriana, N. (2021). Strategi Pesan Dan Strategi Media Lapas Kelas Ii A Karawang Dalam Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instragram. 3(March), 6.

Permassanty, T. D., & Muntiani, M. (2018). Strategi Komunikasi Komunitas Virtual dalam Mempromosikan Tangerang Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 173–186. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.523

Tri, G., & Lestari, D. S. F. A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dsporaparbud Kabupaten

Purwakarta Melalui Media Aplikasi Sampurasun Dalam Mempromosikan Pariwisata. Jurnal LINIMASA, https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/2056/1089 3(1), 13–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3539-3546

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.