PENGARUH KONTEN TIKTOK @JEROMEPOLIN98 SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN GENERASI Z

Elfrida Mediana, Eka Yusup, Weni Adityasning Arindawati

Abstract


Media sosial yang tengah popular saat ini merupakan media sosial TikTok, yang dimana pengguna dari aplikasi ini mayoritas dari kalangan generasi Z. Pendidikan sendiri menuntut memiliki keunggulan yang kompetitif yang pada akhirnya memunculkan berbagai aktivitas edukasi dalam proses pembelajaran, salah satunya ada pada konten TikTok @Jeromepolin98, sebuah konten yang menyebarluaskan berbagai informasi edukasi untuk setiap penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pengaruh yang terjadi antara penggunaan konten TikTok @Jeromepolin98 sebagai media edukasi terhadap tingkat pengetahuan generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Teori yang digunakan yaitu Teori Uses Effect. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Sedangkan teknik analisis data yang nantinya terkumpul menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini yakni efek dan konsekuensi berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan, sedangkan conseffect tidak berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan. Besaran pengaruh dari efek terhadap tingkat pengetahuan sebesar 15,7%, besaran pengaruh konsekuensi penggunaan terhadap tingkat pengetahuan sebesar 40% dan besaran pengaruh conseffect terhadap tingkat pengetahuan sebesar 7,5%.


Keywords


Konten TikTok, Jeromepolin98, Pengetahuan, Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199-208.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sendjaja, S. Djuarsa. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiadi, dkk. (2011). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahnya (Jakarta: Prenada Media Group).

Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Viranti, D. N. (2021). Pengaruh Pemasaran Konten Hiburan Tiktok Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Tiktok: Studi Muslim Generasi Z.

We Are Social & Hootsuite. (2022). Indonesian Digital 2022 Report. Canada: Hootsuite Media, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3489-3496

Article Metrics

Abstract view : 7018 times
PDF - 3845 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.