HUBUNGAN ANTARA KINERJA GURU DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKn KOMPETENSI DASAR HAKIKATDEMOKRASI KELAS VIII SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

Yusmiati Yusmiati

Abstract


Hubungan antara kinerja guru dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn kompetensi dasar Hakekat demokrasi kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah  Ada Hubungan Antara Kinerja Guru  dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn kompetensi dasar Hakikat Demokrasi kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan?. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk membahas Hubungan Antar Kinerja Guru  dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn kompetensi dasar hakikat demokrasi kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.

Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Asosiatif, yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan pendekatan penelitian lapangan (Field research) dan penelitian kepustakaan (library research).Adapun rumus yang dipergunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah rumus korelasi Product moment. Dari hasil perhitungan koefesien korelasi maka diperoleh r = 0.987. Jika angka indeks korelasi tersebut di korelasikan dengan “r” tabel product moment maka di dapat bahwa pada taraf signifikan 5%  dengan  N = 30 diperoleh 0.021. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai r hitumg lebih besar daripada r tabelyakni : 0.987>0.021.

Maka dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Kinerja Guru  dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn kompetensi dasar Hakikat Demokrasi kelas VIII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.


References


Ahmad, 2010,Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: AR. Ruzz Media Group

Anas Sudjiono, 2006, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press

Anwar,2007,Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press

Arief Furchan, 2006, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional

Badan independen National Council for Accreditation of Teacher Education Tilaar, 2006

Kartini Kartono, 2007.Pengantar Metodeologi Research Sosial, Bandung: Alumni

Markasid. Kebijakan Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan Volume 1, Nomor 1. Diunduh dari. 2009

Mohammad Ali,2007. Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Mohammad Ali,2005. Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Nurdin, Muhammmad, 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: AR. Ruzz Media Group

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 52 ayat (1)

Poerwadarminta dalam Kamus Besar bahasa Indonesia

Purwanto, M. Ngalim, 2007, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang PP No. 19 tahun 2004 Tentang system Pendidikan nasional

Winarno Surakhmad, 2008,Pengantar Interaksi Mengajar Belajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran, Bandung: Tarsito

Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto, 2007,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Sia Tjundjing, Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Peserta didik SMU, 2007Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Soejanto, 2009,Psikologi Umum, Jakarta: PT Rineka Cipta

Surya Sumantri, 2006,Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa

Surya Sumantri, 2006,Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa

Suharsimi Arikunto, 2010, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi, 2010,Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto,2010. Manejemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.105-111

Article Metrics

Abstract view : 451 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.